logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kungkang, Hama Tanaman Tapi Bisa Di Konsumsi

Sampurasun ... Rampes ... 

Blog Mang Yono.  Kungkang Goreng, mungkin  bagi kebanyakan masyarakat, belalang, kungkang, lembing hijau dianggap sebagai hewan liar dan hama tanaman. Tetapi di beberapa daerah, termasuk didaerah saya di kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Hewan ini masih dimanfaatkan menjadi sumber pangan yang kaya nutrisi.

Belalang, kungkang dan lembing hijau, serangga ini masih dipertahankan sebagai makanan camilan atau pun lauk-pauk. Belalang dimanfaatkan oleh warga setempat dengan cara digoreng, dibacem atau digegetik / di cobek. Seperti diungkapkan pakar ilmu gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Profesor Ahmad Sulaiman, belalang merupakan hewan yang memiliki beragam jenis kandungan nutrisi penting seperti, protein, vitamin, asam lemak esensial dan mineral.

Kungkang, Hama Tanaman Tapi Bisa Di Konsumsi
Kungkang, Hama Tanaman Tapi Bisa Di Konsumsi

Di beberapa daerah Belalang, kungkang, lembing dijadikan sumber pangan alternatif. Bahkan di beberapa negara, belalang sebenarnya sudah dijadikan makanan pokok. 

Baca juga : Cara membuat masakan Loto dari daun talas

Seperti pada poto dibawah ini, yaitu kungkang goreng, kungkang yaitu, sejenis hama tanaman yang mempunyai aroma khas. Binatang ini menyerang tanaman khususnya tanaman padi. Hama kungkang merupakan musuh para petani, tetapi binatang liar yang satu ini bisa dijadikan masakan yang khas.
Cara penangkapannya kungkang dengan cara dijaring, biasanya jaring yang dikunakan yaitu jaring kulambu / kelambu yang biasa di pasang di tempat tidur untuk nyamuk, kali ni disulap untuk jaring perangkap kungkang. Penangkapan kungkang yaitu pada waktu panen padi, sambil memotong pohon padi disawah sambil perangkap kungkang.




Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

8 komentar

Rasanya apa ya Mang kalau kungkang itu ? Saya belum pernah memakannya.

Salam

Balas

Katanya di Amerika juga sudah mulai banyak restoran yang menyajikan menu unik seperti ini... :D

Balas

jadi penasaran dengan cita rasa kungkang ini.....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

Balas

penasaran deh,,,tapi sepertinya aku pribadi masih nggak kolu mang,,,

Balas

wah namanya mirip sayur kesukaan saya mang, KANGKUNG, hehe...

Balas

kalo belalang atau lembing saya juga suka mang, dulu mah sering banget tuh makan belalang rasanya enak banget gurih-gurih enyoy gitu... tapi kalo kungkang saya gak nahan sama bau aromanya itu loh, gimana gitu hehehe....

Balas

Seperti belalang ya Mang Yono?. Rasanya khas ya?.. enak maksudnya kan?.
Enak mana dengan belalang?.

Balas

weleh ?? bukannya kungkang itu bau bingits mang :O
asal bisa ngolahnya aja sih ya pasti rasanya uennnaakkk :)

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger