logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Panen Kacang hijau (Vigna radiata) di sawah.

Sampurasun ... Rampes ..

Blog Mang Yono. Nah, sudah saatnya saya beritahu kepada seluruh lapisan masyarakat, bahwa di tempat saya sekarang telah mulai panen Kacang Hijau heheheh. Tepatnya di Kampung Gardu, Pagaden Barat, Subang, jawa Barat.  Tanaman palawija ini pada 3 bulan yang lalu saya tanam karena waktu itu saya gak menanam padi, dikarenakan di Blok Tegalsungsang susah / krisis air yang dampak dari jebolnya tanggul Leuwinangka, Dangdeur, subang.

Kacang hijau (Vigna radiata) merupakan salah satu bahan pangan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas selain beras. Kacang hijau juga banyak diberikan untuk anak-anak balita karena kandungan gizinya serta mudah dicerna. Campuran tepung kacang hijau dan tepung beras masing-masing 50 % sangat baik untuk konsumsi anak balita . 

Panen Kacang hijau (Vigna radiata) di sawah. langsung dijemur
Panen Kacang hijau (Vigna radiata) di sawah. langsung dijemur

Silahkan baca juga : Karena susah air di Blok Tegalsungsang akhirnya saya menanam palawija

Karena tergolong tinggi penggunaannya dalam masyarakat, maka kacang hijau ini memiliki tingkat kebutuhan yang cukup tinggi. Dengan teknik budidaya dan penanaman yang relatif mudah budidaya tanaman kacang hijau memiliki prospek yang baik untuk menjadi peluang usaha bidang agrobisnis.

Pada umumnya, kacang hijau umumnya ditanam di lahan sawah pada musim kemarau setelah padi atau tanaman palawija yang lain. Kacang hijau memiliki kelebihan dibandingkan tanaman pangan lainnya, yaitu: Berumur genjah (55-65 hari) sebentar khan .

Kacang hijau yang siap dipanen yaitu kulitnya berwarna hitam, pemanenan biasanya dilakukan dengan memetik satu persatubuah kacang hijau, pemanenan gak pernah ditebas pohonnya hehehe.
Kacang hijau siap dipanen
Kacang hijau yang siap dipanen yaitu yang kulit buah berwarna hitam

Silahkan baca juga : Tanggul Leuwinangka sudah selesai tapi air belum sampai

Setelah buah kacang hijau di panen, buah – buah tersebut dijemur di bawah terik matahari, seperti menjemur biji cengkeh, padi atau menjemur hasil panen lainnya. Kacang hijau yang dijemur biasanya akan terbuka sendiri karena panasnya matahari, tapi gak semuannya terbuka ding.

Penumbukan buah kacang hijau, untuk memisahkan polong dari kulit
Penumbukan buah kacang hijau, untuk memisahkan polong dari kulit, setelah melakukan penjemuran

Untuk mengupas polong – polong dari kulitnya yaitu dilakukan penumbukan atau dengan cara memukulnya buah kacang hijau tersebut, setelah ditumbuk dan kulit – kulit buah tersebut terkelupas maka selanjutnya dilakukan penapian dengan alat Nyiru ( bahasa sunda ).

Polong kacang hijau setelah dipisahkan dari kulit
Polong kacang hijau setelah dipisahkan dari kulit, siap untuk di kolak heheh

Nah, selesai juga ya, walau lama juga ya proses dari mulai panen sampai dengan pemisahan polong dari kulit,itu semua dilakukan dengan cara manual, yaitu dengan tenaga manusia, karena belum ada mesin untuk pemisahan polong dari kulit kacang hijau

Silahkan baca juga : Menanam kacang tunggak di lahan sawah untuk lalapan

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

8 komentar

saya juga pernah nanam kacang hijau di depan rumah, yah walaupun nggak banyak :)

Balas

huwaaa,,enak banget tuh mang kalo di kolak,,,,aku suka beli kacang hijau di pasar buat penyubur kang,,top markoto deh itu,,,,subur banget,,,

Balas

Iya Bang walau sedikit tapi kalau nanem sendiri lebih gimana gituh, lebih terasa nikmatnya ya eheheh

Balas

iya mbak enak kalau dikolak banyak gizinyz katannya.... wah, penyubur apa tuh?. saya malah belum tau hehehe

Balas

beli kacang atau tanam kacang sendiri yg mana yg murah ya pak

kayaknya tanam sendiri ya pak he he...,

pertanyaan aneh nih malah saya jawab sendiri. he he..

Balas

pengen nyoba kolak kacang hijau. kalau bubur kacang nya sih udah pernah nyobain

Balas

yang murah beli kacang tapi dengan harga murah Bang hehehe... Tapi murahan nanam kacang bibitnya gak usah beli pupuknya juga gak usah beli eheheh... udah dijawab ya hehehe

Balas

Kalau pengen nyoba kolak kacang hejo mampir ke kampung saya mbak, dikampung saya kalau bilang bubur kacang ijo malah orangnya pada bingung hehehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger