Skip to main content

Panen Kacang hijau (Vigna radiata) di sawah.

Sampurasun ... Rampes ..

Blog Mang Yono. Nah, sudah saatnya saya beritahu kepada seluruh lapisan masyarakat, bahwa di tempat saya sekarang telah mulai panen Kacang Hijau heheheh. Tepatnya di Kampung Gardu, Pagaden Barat, Subang, jawa Barat.  Tanaman palawija ini pada 3 bulan yang lalu saya tanam karena waktu itu saya gak menanam padi, dikarenakan di Blok Tegalsungsang susah / krisis air yang dampak dari jebolnya tanggul Leuwinangka, Dangdeur, subang.

Kacang hijau (Vigna radiata) merupakan salah satu bahan pangan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas selain beras. Kacang hijau juga banyak diberikan untuk anak-anak balita karena kandungan gizinya serta mudah dicerna. Campuran tepung kacang hijau dan tepung beras masing-masing 50 % sangat baik untuk konsumsi anak balita . 

Panen Kacang hijau (Vigna radiata) di sawah. langsung dijemur
Panen Kacang hijau (Vigna radiata) di sawah. langsung dijemur

Silahkan baca juga : Karena susah air di Blok Tegalsungsang akhirnya saya menanam palawija

Karena tergolong tinggi penggunaannya dalam masyarakat, maka kacang hijau ini memiliki tingkat kebutuhan yang cukup tinggi. Dengan teknik budidaya dan penanaman yang relatif mudah budidaya tanaman kacang hijau memiliki prospek yang baik untuk menjadi peluang usaha bidang agrobisnis.

Pada umumnya, kacang hijau umumnya ditanam di lahan sawah pada musim kemarau setelah padi atau tanaman palawija yang lain. Kacang hijau memiliki kelebihan dibandingkan tanaman pangan lainnya, yaitu: Berumur genjah (55-65 hari) sebentar khan .

Kacang hijau yang siap dipanen yaitu kulitnya berwarna hitam, pemanenan biasanya dilakukan dengan memetik satu persatubuah kacang hijau, pemanenan gak pernah ditebas pohonnya hehehe.
Kacang hijau siap dipanen
Kacang hijau yang siap dipanen yaitu yang kulit buah berwarna hitam

Silahkan baca juga : Tanggul Leuwinangka sudah selesai tapi air belum sampai

Setelah buah kacang hijau di panen, buah – buah tersebut dijemur di bawah terik matahari, seperti menjemur biji cengkeh, padi atau menjemur hasil panen lainnya. Kacang hijau yang dijemur biasanya akan terbuka sendiri karena panasnya matahari, tapi gak semuannya terbuka ding.

Penumbukan buah kacang hijau, untuk memisahkan polong dari kulit
Penumbukan buah kacang hijau, untuk memisahkan polong dari kulit, setelah melakukan penjemuran

Untuk mengupas polong – polong dari kulitnya yaitu dilakukan penumbukan atau dengan cara memukulnya buah kacang hijau tersebut, setelah ditumbuk dan kulit – kulit buah tersebut terkelupas maka selanjutnya dilakukan penapian dengan alat Nyiru ( bahasa sunda ).

Polong kacang hijau setelah dipisahkan dari kulit
Polong kacang hijau setelah dipisahkan dari kulit, siap untuk di kolak heheh

Nah, selesai juga ya, walau lama juga ya proses dari mulai panen sampai dengan pemisahan polong dari kulit,itu semua dilakukan dengan cara manual, yaitu dengan tenaga manusia, karena belum ada mesin untuk pemisahan polong dari kulit kacang hijau

Silahkan baca juga : Menanam kacang tunggak di lahan sawah untuk lalapan
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar