logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kayu Masih Menjadi Primadona Untuk Rumah.

Sampurasun ... Rampes..

Blog Mang Yono. Di jaman sekarang ini kayu masih menjadi primadona. Ini termasuk juga ke pada budaya membangun rumah di Indonesia yang banyak menggunakan bahan dari kayu.

Banyak orang terpikat keindahan bahan – bahan dari kayu. Dari mulai kuda - kuda, atap, kusen, pintu, jendela, furniture, lantai, dinding plafon dan tangga bisa menggunakan bahan kayu bahkan paling banyak yang menggunakan. Termasuk kuda – kuda, kaso – kaso, reng, kosen, pintu dan tangga rumah saya juga memakai kayu heheheh.

Kayu Masih Menjadi Primadona Untuk Rumah.
Mang Caca sedang mempolitur kayu. Poto jepretan Blog Mang Yono

Silahkan baca : Cara Pelitur kayu atau perabotan Rumah supaya mengkilap dan kinclong

Tapi, tentunya tak semua jenis kayu yang sesuai dan bisa digunakan, serta bertahan dengan bagus. Maka dari itu kayu wajib ditempatkan sesuai karakter bahan. Jangan asal menempatkan dan memasang kayu kalau bukan peruntukannya. Kayu yang dipilih tepat, bangunan pun menjadi kuat.... Betul tidak?.

Kayu untuk konstruksi harus memenuhi syarat teknis ; kuat, keras, berukuran besar, dan mempunyai keawetan alam yang tinggi. Sebagian jenis kayu sangat rapuh dan mudah dimakan rayap. Sebagian lagi cukup keras dan dihindari rayap. Jenis kayu yang cukup tahan rayap, salah satunya jati yang memiliki zat ekstraktif bersifat racun sehingga rayap enggan mampir. Kelebihan lain dari jati adalah kuat, mudah diaplikasikan dan memiliki serat yang menawan. Sayang, ketersediaannya kini semakin menipis dan langka. Walhasil, harga jati melangit. Permeter kubiknya sekarang sekitar Rp15 – 25 juta. Dengan harga setinggi itu, anda harus merogoh saku lebih dalam tentunya. Pemakaian kayu jati sebagai konstruksi rumah, misalnya pada elemen kusen, pintu, jendela atau furnitur. Sayang  kalau cuma dipakai untuk kuda - kuda atau rangka atap yang tertutup.

Kayu punya banyak keunggulan, mudah dibentuk, teknologi aplikasi sederhana, memiliki banyak jenis dan ragam serat, serta banyak pilihan finishing / coating ( cat, pernis, pelitur, melamik, duco ). Kita dapat membangun rumah dengan kreativitas yang lebih bebas. Anda pun akan memperoleh rumah yang kuat dan memikat hati penghuni ataupun Tamu yang berkunjung kerumah .... Mampir yuk, Kerumahku... hahaha seperti blognya Mbak  Dwiex'z Someo

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

26 komentar

wah iya, untuk daerah kota besar kayu menjadi primadona yang di elu elukan. desian yang unik dengan kayu yang mendukung akan membuat rumah kelihatan bagus dan elegan

Balas

iya mang susah ya sekarang cari kayu yang benar2 bagus tidak mudah kena rayap

Balas

bangunan lebih terlihat bagus apabila lebih banyak tiang2 kayunya apalagi dengan kayu yang bermutu lebih terlihat unik

Balas

ngeliat fotonya bagus ya kalau desain rumah penuh dengan bahan kayu

Balas

Punya rumah dari bahan kayu memang terlihat lebih asri, namun di butuhkan perawatan yang lebih ekstra ya Mang ?

Salam

Balas

kayu merupakan komoditi ekspor utama indonesia mang, selain barang tambang... berarti kayu sangat populer di manca negara, baik utk bahan rumah maupun perabot :)

Balas

sekarang kayu yang bagus sudah mulai jaang, dan harganyapun semakin mahal, hmm....

Balas

kebetulan saya juga lebih suka rumah kayu master, soalnya lebih nyaman aja hehehe :D
kalau rumah tembok,atau apalagi gedung, biasanya suara nya mantul jadinya berisik dan kurang nyaman ;)

Balas

sayah mah belum sampe pada tahap kayu kudu dirawat mang...maklum belom punya rumah....mo gimana lagi atuh

Balas

RUmah kayu itu impianku bangetttt :)

Balas

Kayu jati Meng menjadi primadona bagi orang Beruang dan tak menjadikan masalah tentang harga. namun kini bagi orang yng tak begitu beruang mungkin macan atau sebangsa pilihan lain banyak di jalankannya, kini banyak yang bikin kuda-kuda dari beton yng jauh lebih murah dan awet di banding kayu. bisa juga bajaringan pilihannya

Balas

Susah sih enggak kalo mahal iya

Balas

bener sekali,,,depan rumahku juga pake kayu untuk menyangga asbes mang,,,jadi nggak pake besi yg di cor,,cukup kayu aja,,menyesuaikan dgn uangnya juga,,,muehehehe

Balas

alhamdulillah, hampir semua bangunan d rumah saya menggunakan kayu jati tua yang katanya bapak saya sangat kuat.. kecuali kandang ayam yang berada agak jauh dibelakang rumah, hanya menggunakan kayu dan bambu saja

Balas

Betul sekali mas, malah dikota banyak sekali yang dindingnya dilapis dengan kayu, tangga dilapis dengan kayu, bahkan lantainya juga dilapis dengan kayu

Balas

Kayu sih banyak yang bagus, tapi harganya itu loh heheh

Balas

Betul sekali banyak kayu yang ditempel dan dipasang tapi sesuai perencana, jadi TOP

Balas

Tentunya dipadu padan dengan benda lain sesuai desain, perencanan dan seni juga ya

Balas

Betul sekali mas, bahan kayu perawatannya malah lebih dari beton, besi, almunium, stainless

Balas

Yag tentunya kita beli kayu yang resmi ya mbak, atau kita nanam pohonnya dulu hehehe

Balas

Betul mas, kayunya sih banyak tapi harganya itu loh hehehe

Balas

Kalau begitu rumah temboknya dilapis kayu aja mbak maste... hehehe

Balas

Belum pernah punya rumah kayu ya kang, langsung punya rumah konstruksi baja hehehe

Balas

Semoga Impiannya terwujud ya mbak ...

Balas

Betul mas, saya juga ngebangun pabrik jarang yang pakai kayu sekarang sudah pakai baja ringan

Balas

Ah mbak Dwiex'z suka merendah, kemarin dapet uang 100 Juta hayoooh heheh..

Wah mantab deh rumahnya mbak Ana. sekarang sudah jarang yang pakai jati tua, kebanyakan pakai jati yang masih muda... ehhehe ya iya mbak sayang banget kalau kandang ayam pakai kayu jati xixixi

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger