--> Skip to main content

Kayu Masih Menjadi Primadona Untuk Rumah.

Sampurasun ... Rampes..

Blog Mang Yono. Di jaman sekarang ini kayu masih menjadi primadona. Ini termasuk juga ke pada budaya membangun rumah di Indonesia yang banyak menggunakan bahan dari kayu.

Banyak orang terpikat keindahan bahan – bahan dari kayu. Dari mulai kuda - kuda, atap, kusen, pintu, jendela, furniture, lantai, dinding plafon dan tangga bisa menggunakan bahan kayu bahkan paling banyak yang menggunakan. Termasuk kuda – kuda, kaso – kaso, reng, kosen, pintu dan tangga rumah saya juga memakai kayu heheheh.

Kayu Masih Menjadi Primadona Untuk Rumah.
Mang Caca sedang mempolitur kayu. Poto jepretan Blog Mang Yono

Silahkan baca : Cara Pelitur kayu atau perabotan Rumah supaya mengkilap dan kinclong

Tapi, tentunya tak semua jenis kayu yang sesuai dan bisa digunakan, serta bertahan dengan bagus. Maka dari itu kayu wajib ditempatkan sesuai karakter bahan. Jangan asal menempatkan dan memasang kayu kalau bukan peruntukannya. Kayu yang dipilih tepat, bangunan pun menjadi kuat.... Betul tidak?.

Kayu untuk konstruksi harus memenuhi syarat teknis ; kuat, keras, berukuran besar, dan mempunyai keawetan alam yang tinggi. Sebagian jenis kayu sangat rapuh dan mudah dimakan rayap. Sebagian lagi cukup keras dan dihindari rayap. Jenis kayu yang cukup tahan rayap, salah satunya jati yang memiliki zat ekstraktif bersifat racun sehingga rayap enggan mampir. Kelebihan lain dari jati adalah kuat, mudah diaplikasikan dan memiliki serat yang menawan. Sayang, ketersediaannya kini semakin menipis dan langka. Walhasil, harga jati melangit. Permeter kubiknya sekarang sekitar Rp15 – 25 juta. Dengan harga setinggi itu, anda harus merogoh saku lebih dalam tentunya. Pemakaian kayu jati sebagai konstruksi rumah, misalnya pada elemen kusen, pintu, jendela atau furnitur. Sayang  kalau cuma dipakai untuk kuda - kuda atau rangka atap yang tertutup.

Kayu punya banyak keunggulan, mudah dibentuk, teknologi aplikasi sederhana, memiliki banyak jenis dan ragam serat, serta banyak pilihan finishing / coating ( cat, pernis, pelitur, melamik, duco ). Kita dapat membangun rumah dengan kreativitas yang lebih bebas. Anda pun akan memperoleh rumah yang kuat dan memikat hati penghuni ataupun Tamu yang berkunjung kerumah .... Mampir yuk, Kerumahku... hahaha seperti blognya Mbak  Dwiex'z Someo
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments