logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Musim kemarau tiba air sungai jadi MCK.

Sampurasun ... Rampes .

Blog Mang Yono. Masyarakat yang tinggal di sekitar Sungai Ciasem, tepatnya di Dusun gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Meskipun kini mulai musim kemarau dan di daerah lain mulai kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan mandi, cuci, kakus (MCK) dan memasak. Tapi di Dusun Gardu tidak akan khawatir, karena adanya sungai Ciasem ini.

Kesulitan mendapatkan air bersih memang sudah biasa dialami pada musim kemarau. Pasalnya, persediaan air pada sumur resapan yang mereka miliki akan cepat berkurang manakala air sungai mulai menyusut, tapi kalau air sungainya tidak menyrut, maka air sumurnya tetap banyak..

Sungai Ciasem dusun Gardu.
 Sungai Ciasem dusun Gardu.

Tapi kalau air Sungai Ciasem menyurut, untuk memenuhi kebutuhan MCK, terpaksa harus mereka lakukan di Sungai Ciasem. Sedangkan, sisa air di dalam sumur digunakan bagi kebutuhan memasak. 

Baca : Tukar rantang Tradisi menjelang Lebaran di Subang

Mandi menggunakan air sungai memang tidak akan sebersih memakai air sumur, lantaran dari daerah hulu sungai juga banyak warga lainnya yang melakukan hal sama.

Tapi, permasalahan bersih atau tidaknya bukan lah suatu masalah, yang penting masih bisa mandi dua kali dalam sehari.

Bukanya saya tidak mau memasang saluran air bersih PDAM. Namun, jauh dan intalasinya belum ada ya mau di apakan coba, Tapi persediaan air di sumur saya juga masih banyak, terus persediaan di sungai Ciasem juga melimpah, walau lebar sungainya mulai mengecil gegara dibuat tanggul limpasan di hulu.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

15 komentar

Alhamdullilah dan tetap saya syukuri di tempat saya musim kemarau air tetap mudah di dapatkan dan juga airnya bening dan tak berbau dan tak berwarna..
jadi kalau mandi terasa banget bersihnya. dulu sebelum membangun sumur airnya bau banget mang kayak air empanng...

Balas

hlaaa...emang kalau musim hujan itu sungai jadi apaan coba?

Balas

untung di tempat saya musim kemarau taun ini gak kekurangan air Pak xixii, karena sudah pasang PAM di rumah ...:D

Balas

Lho koq air buat MCK Ya Mang nanti sungainya jadi gak bersih lagi Mang
Bersyukur di tempat saya meski kemarau panjang air masih normal Mang :)

Balas

Semoga warga sekitar sadar akan menjaga lingkungan juga
Bisa memanfaatkan air sungai dengan sebaiknya bukan sebaliknya ya Mang

Balas

Moga-moga debit airnya tetap memadai ya Mang, kebutuhan vital soalnya.

Balas

iya mastah .. di sumur saya juga kalau musim kemarau gak pernah habis airnya malah makin bening hehehe

Balas

hehe kalau musim hujan airnya penuh kang tuh kaks bisa hanyut, airnya juga agak keruh, dulu sih banyak jamban untuk pemandian, tapi semenjak listrik masuk pada tahun 1990, semua pada bikin sumur dan memasang pompa, jadi sungai cuma untuk mandi anak - anak dan pengairan sawah saja hehehe

Balas

ditempat saya juga belum pak, saya nunggu yang mandi disungai juga belum ada khan hehehe

Balas

itu air kehilirnya cuma untuk mengairi sawah aja kang, jadi buat MCK malah banyak pupuknya hihihi

Balas

iya sob, dan warga tetap menjaga kebersihan airnya tanpa membuang sampah ke sungai

Balas

semoga dengan adanya sungai tersebut bisa lebih dimanfaatkan dan dikelola dengan baik karena dengan adanya teknologi yang sekarang ini, air kotor bisa menjadi air bersih yang lebih layak digunakan :)

Balas

moga-moga kemaraunya segera usai ya Mang, biar semua masalah yang mengitarinya jadi ilang.

Balas

di sekitar rumah saya masih susah mendapatkan air karena musim kemarau, dan salah satunya sumur di tempat saya kering :(

Balas

musim udah kacaw memang
masuk bulan ber ber ber yang kudunya hujan malah hiber terus ya..?

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger