Musim kemarau tiba air sungai jadi MCK.

Sampurasun ... Rampes .

Blog Mang Yono. Masyarakat yang tinggal di sekitar Sungai Ciasem, tepatnya di Dusun gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Meskipun kini mulai musim kemarau dan di daerah lain mulai kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan mandi, cuci, kakus (MCK) dan memasak. Tapi di Dusun Gardu tidak akan khawatir, karena adanya sungai Ciasem ini.

Kesulitan mendapatkan air bersih memang sudah biasa dialami pada musim kemarau. Pasalnya, persediaan air pada sumur resapan yang mereka miliki akan cepat berkurang manakala air sungai mulai menyusut, tapi kalau air sungainya tidak menyrut, maka air sumurnya tetap banyak..

Sungai Ciasem dusun Gardu.
 Sungai Ciasem dusun Gardu.

Tapi kalau air Sungai Ciasem menyurut, untuk memenuhi kebutuhan MCK, terpaksa harus mereka lakukan di Sungai Ciasem. Sedangkan, sisa air di dalam sumur digunakan bagi kebutuhan memasak. 

Baca : Tukar rantang Tradisi menjelang Lebaran di Subang

Mandi menggunakan air sungai memang tidak akan sebersih memakai air sumur, lantaran dari daerah hulu sungai juga banyak warga lainnya yang melakukan hal sama.

Tapi, permasalahan bersih atau tidaknya bukan lah suatu masalah, yang penting masih bisa mandi dua kali dalam sehari.

Bukanya saya tidak mau memasang saluran air bersih PDAM. Namun, jauh dan intalasinya belum ada ya mau di apakan coba, Tapi persediaan air di sumur saya juga masih banyak, terus persediaan di sungai Ciasem juga melimpah, walau lebar sungainya mulai mengecil gegara dibuat tanggul limpasan di hulu.
........
Nah, biar gak penasaran silahkan tonton vidionya DISINI atau dibawah ini
...

...
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar