logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Melatih Balita Makan Sendiri

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.COM Tak terasa kini anak saya “ Gigin “ sudah mulai beranjak besar, rasa cinta makin menguat tatkala melihat kelucuannya dari mulai belajar berbicara, belajar berkomunikasi, bercengkerama, belajar menirukan gaya orang tuanya dan yang terakhir adalah belajar makan sendiri. Melatih bayi untuk dapat makan sendiri tentunya merupakan sebuah tanggung jawab orang tua, dan merupakan juga sebagai salah bentuk pendidikan dini kepada anak kita agar kelak bisa mandiri * Makan mandi sendiri hehehe.

Anak di usia 18 bulan ke atas akan mulai belajar menggunakan sendok atau garpu. Belilah satu set sendok dan garpu dengan pegangan halus dan siku membulat. Bentuk seperti itu akan sangat sempurna untuk tangan dan mulut kecil anak.


Anak saya ' Gigin ' sedang makan soto sendiriAnak saya ' Gigin ' sedang makan soto sendiri

Perkembangan ketika anak bisa mengambil dan memasukan sendiri makanan ke dalam mulutnya, ketika anak bisa memilih bentuk dan rasa yang ingin dimakan, atau ketika bayi bisa meminum dengan gelas bergagang dan mengembalikannya lagi tanpa membantingnya ( tapi anak saya ini harus diperhatikan, selesai minum gelasnya langsung dilempar ).

Biarkan lah anak kita makan sendiri, yang penting kita sebagai orang tua harus memperhatikannya dari mulai :

Cuci tangan bayi dengan sabun dan semua perlengkapan makan harus dicuci bersih, aman.

Yakinkan bayi merasa aman dan nyaman. Biarkan mereka bereksperimen sendiri dengan makanannya. Hal ini juga baik guna perkembangan otak kiri dan kanan bayi.

Biarkan lantai dan dinding akan sedikit kotor dan berceceran makanan, karena di awal-awal bayi belajar makan, tangannya memainkan piring dan mainan, membalikannya dan melemparnya ke lantai atau dinding. Termasuk anak saya juga kalau sedang makan sendiri suka membalikan makanannya. Kalau sudah seesai makannya suka melemparkannya.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger