Cara Membuat Tumis Pare

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.COM Pare atau ada juga yang menyebut dengan paria *Bahasa Sunda.Meskipun olahan ini pahit, tapi keluarga saya gak pernah menghilangkan rasa pahitnya, kalau gak pahit khan ilang ciri khasnya... Iya khan?.

Mengolah sayuran pare menjadi menu tumis pare yang enak. Sebelumnya saya pernah nulis tentang pare di postingan Menanam paria / pare di sawah dan khasiat dari pare. Kalau keluarga saya biasanya tumis paria di tambah ikan peda, tapi parianya gak diiris, melainkan di tumbuk / di ulek untuk menjadi halus, bisa juga di blender ...  hehe.

Paria atau Pare ini hanya cangkangnya, kalau bijinya diambil untuk benih lagi Paria atau Pare ini hanya cangkangnya, kalau bijinya diambil untuk benih lagi

Langkah pertama, buah pare dicincang (diiris) tipis-tipis. Kemudian, pare yang sudah diiris itu diberi garam satu sendok makan.

Langkah kedua, rajang bawang putih, bawang merah, tomat serta cabe, lalu tumis bahan yang sudah dirajang tadi. Setelah keluar aroma mewangi, masukkan pare yang sudah diiris tanpa perlu menambah garam lagi. sekitar 3 - 5 menit pare tersebut sudah matang.

Langkah ketiga, menu tumis pare sudah siap untuk menemani acara makan. 
Tumis Paresudah siap ... Silahkan dicicipi ...
Tumis Paresudah siap ... Silahkan dicicipi ...

Dengan menu ini, Tumis pare ini praktis, hemat, mudah membuatnya, merangsang nafsu makan, sehat serta bergizi.
Buah pare memiliki khasiat:
(1) Dapat merangsang nafsu makan;
(2) Dapat menyembuhkan penyakit kuning;
(3) Memperlancar pencernaan
(4) Sebagai obat malaria.
Khasiat dari masakan pare sangat luar biasa, meskipun sayuran murah, mudah mengolahnya, dan enak. Untuk apa harus mengkonsumsi junk food jika ada sayur lokal yang lebih sehat.... Betul Tidak?.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar