logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara semai palem dari biji

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Mungkin sahabat – sahabit sudah tahu kan pohon palem, itu tuh yang pohonnya mirip pohon kelapa atau pinang.

Biasanya pohon palem ditanam berjejer dipinggir jalan atau diperkantoran, mall, pertokoan. Kalau yang masih bingung juga boleh baca pada tulisan saya sebelumnya tentang Cara pembibitan palem dari biji biar cepat tumbuh tunas dan akar. Tulisan ini hanya untuk mengulas saja heheh. 

Cara semai palem dari biji 
Cara semai palem dari biji

Nah, yuk kita simak Cara pembibitan palem dari biji:
(1). Pertama ambil biji yang matang di pohon ( yang matang berwarna merah atau kuning kemerahan) terus tuh biji palem kupas serabut / kulit lunaknya, gampang dikupas kok, dengan cara menggosok – gosokan dengan biji – biji palem lainnya bisa terkupas.
Biji palem yang sudah dikupas kulitnya.
Biji palem yang sudah dikupas kulitnya.

(2). Semai biji palem ditempat persemaian dengan media tanah, cara menyemai dengan berjejer, jaraknya kira – kira 5 – 10 cm, jangan terlalu rapat, ini untuk memudahkan pengambilan bibit waktu mau dipindah ke pot atau polybag.

Penyemaian biji palem dengan cara berjejer
Penyemaian biji palem dengan cara berjejer

(3). Lakukan penyiraman satu kali dalam sehari, kalau tanah pembenihan masih basah, jangan melakukan penyiraman, nanti malah biji - biji palemnya jadi busuk. 
Siraman penyemaian biji palem satu kali dalam sehari
Siraman penyemaian biji palem satu kali dalam sehari
Selanjutnya .. Tunggu 3 - 4 minggu, dan lihat perkembangannya.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

12 komentar

waktu kecil, dirumah saya banyak pohon palem, sekarang udah nggak ada, caranya mudah sekali untuk diterapkan :)

Balas

oh berarti dalam penanaman palem gak boleh banyak air tanahnya ya...

Balas

Kalo budidaya sendiri nggak usah beli bibit lagi donk.. Nais inpoh Mang :)
Hatur tengkyu :)

Balas

jadi harus becek naik ojek gitu ya mang nanemnya :D

Balas

iya sob mendingan sekarang nanam lagi aja heheh

Balas

iya, kalau terlalu banyak air nanti busuk

Balas

iya, daripada beli bibit lagi ending bikin bibit sendiri aja heheh

Balas

hahah iya khan biar bijinya kependem media tanam heheh

Balas

kalau udah jadi bibit, baru dipindah ya mang. perlu berapa hari biasanya menjadi bibit dan boleh dipindah ketempat lain? mohon pencerahannya. terima kasih

Balas

Jadi lebih hemat ya Mang, kalau membuat bibit palem sendiri, boleh di coba juga ni tips nya.
Thks Mang atas share cara menyemai biji palem nya.

Balas

Palem cocoknya di daerah yg kaya gimana mang..??

Balas

berarti nanam bijinya harus banyak air kek gitu ya ?

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger