logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara pembibitan palem dari biji biar cepat tumbuh tunas dan akar

Cara pembibitan palem dari biji biar cepat tumbuh tunas dan akar

Sampurasun..... Rampes..... Mungkin sahabat – sahabit sudah tahu kan pohon palem, itu tuh yang pohonnya mirip pohon kelapa atau pinang, kalau yang masih bingung juga boleh deh sayah kasih potonya deng... deng..

Nah kalau dah jelas, kali ini Blog Mang Yono mau nulis tentang Cara pembibitan palem dari biji biar cepat tumbuh tunas dan akar, ini sesuai pengalaman mamang dan sudah dua kali di praktekan. 


Pertama 6 tahun yang lalu dan sekarang pohonnya dah tinggi, sudah berbuah lagi, tetangga mamang juga minta dan sekarang sudah tinggi dan berbuah juga.

Kedua mamang lakukan penyemaian 5 bulan yang lalu bijinya di peroleh dari pohon palem punya sayah yang berbuah dan sekarang sudah dipindah ke tanah langsung, palemnya mamang tanam di perbatasan tanah.
Cara pembibitan palem dari biji biar cepat tumbuh tunas dan akar
Palem mamang yang ditanam sudah berumur 6 Tahun
 
Pembibitan waktu 6 tahun yang lalu, biji palemnya mamang ambil di taman komplek perumahan tempat mamang bekerja, panjat aja tuh pohonnya atau ngambilin yang berjatuhan

Tapi yang manjat bukan sayah ding, tapi tukang kebersihan komplek perumahan, tapi biasanya  kalau biji palem yang sudah mateng, pasti pada berjatuhan dan berserakan di bawah pohon.
 
Buah Palem - Cara pembibitan palem dari biji biar cepat tumbuh tunas dan akar
Palem mamang sudah berbuah
Mungkin bisa saja caranya berbeda dengan pakar palem atau master bibit palem, tapi dengan cara ini palem semaian sayah bertunas dalam 3 minggu, tapi mungkin juga kurang dari 3 minggu, soalnya sayah kan taunya pas hari minggu ke tiga baru ngelihat palem bertunas, maklum sayah merantau ke Jakarta.

Mulai nyemai biji hari minggu langsung atasnya ditutup pakai pelastik biar air di media semai tidak menguap, terus minggu pertama dan kedua belum keluar tunas dan baru kelihatan minggu ke tiga. 

Ya sudah kurang dikit tidak apa lah yang penting 3 minggu sudah keluar tunas, padahal orang lain nyemai palem dari biji memakan waktu sebulan lebih... berarti keren kan sayah hehehe.

(!). Pertama ambil biji yang matang di pohon ( yang matang berwarna merah atau kuning kemerahan) terus tuh biji palem kupas serabut / kulit lunaknya, terus kalau sudah selesai biji palem tersebut direndam selama 2 hari lebih dikit juga boleh misalnya 3 hari .... hehehe.

(!!). Semai biji palem di wadah persemaian / pot semai dengan media tanah di campur pupuk kandang dan arang sekam padi, untuk cara membuat arang sekam padi boleh baca pada artikel caranya membuat arang sekam padi, media ini dengan perbandingan 1 tanah : 1pupuk kandang : 1arang sekam padi.

(!!!).  siram tiap hari sekali ini bagi yang ada dirumah terus, tapi mamang kan kuli pulangnya juga seminggu sekali boleh dengan cara mamang nih, siram semaian biji di wadah / pot semai sampai basah terus atasnya tutup dengan pelastik biar air tidak menguap selama 2 minggu tidak perlu disiram, nah kalau dalam 2 minggu akar sudah tumbuh.

(!V) minggu ke 3 tunas sudah tumbuh dan boleh dipindah ke pot atau ke polibag dengan 1 pot/  polibag 1 pohon bibit  tunas palem dengan media tanah, pupuk kandang, arang sekam padi dan pasir dengan perbandingan 1:1:1:1  dan lakukan penyiraman seminggu 2 kali.

( V) Setelah tinggi batang palem  30 cm bibit siap boleh dipindah ke tanah langsung, kalau mamang pohon palem ini di pakai untuk perbatasan tanah atau untuk hiasan depan rumah juga bagus tuh.
 
Bibit Palem - Cara pembibitan palem dari biji biar cepat tumbuh tunas dan akar
Bibit palem siap dipindahkan ke tanah langsung

Selamat mencoba.... mohon ma’af mamang tidak menerima pesanan bibit palem, maklum ini baru coba – coba dan belum ada niat untuk mengembangkan cara ini, 

Tapi tetangga ada juga yang beli ke mamang ding, tapi mohon maaf lagi sampai tulisan ini terbit, bibit yang tersedia di mamang sudah habis ... hehehe.

Bibit palem banyak yang nyari dan banyak yang suka, jadi kepada sahabat – sahabit yang telaten dan mempunyai banyak waktu , coba deh usaha bibit ini di kembangkan... 

Mudah – mudahan Cara pembibitan palem dari biji biar cepat tumbuh tunas dan akar berhasil ya .....




Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

61 komentar

palem kalau di jawa di sebut apa ya mang

Balas

waduh sayah kurang tahu mbak namanya...

kalau disebut palem jawa, malahan bentuknya pohon rotan kecil jadi bingung jadinya ehhehe.

palem ini banyak macamnya, ada
- palem botol
- palem kuning
- palem merah
- palem kipas
- palem ekor tupai
- palem Raja dll

Balas

wah hebat banget master bisa membuat bibit sendiri. Luar biasa master. Kreatip dan good job hehehe :)

Balas

ini cuma iseng saja mbak master, entah cara ini bertentangan dengan pakar - pakar bibit atau master bibit atau sama, ini sesuai yang saya praktekan saja hehehe

Balas

ternyata mang yono punya ilmu pertanian yang hebat. ^^

Balas

Wah Mang Yono Fakarnya soal Bibit, dan benih
Termasuk bibit Pohon Palem ini yah? sae Mang
Palem sekarang, sangat lumayan pasar jual nya yah
Salam sukses deh Mang Yono.

Balas

sebuah peluang usaha yang sangat menjanjikan nih mang, saingannya juga ngga sebanyak pedagang Ubi Cilembu, jadi kalau dikembangkan disini, kelak sayalah satu-satunya dicilembu yang punya....kirim bibitnya atuh mang kecinih.

Balas

Ternyata Palem banyak jenis nya yah Mang Yono?
Baru tau , nambah pengalaman lagi dari Mang Yono,
Terima kasih yah Mang atas artikelnya.

Balas

Untuk bisa terlihat seperti pada gambar dibutuhkan waktu selama enam tahun ya, Mang?Lama yaah....

Balas

banyak kang dan pinang / jambe juga termasuk palem eheheh

Balas

sedikit - sedikit tau sob, tapi taunya kok cuma sedikit - sedikit hehehe

Balas

wah, benar-benar lama yak klo begitu

Balas

udah lama banget,,,, 6 th,,,,
padahal saya mau pesan jga mang
kok dah hbis?

klo d desa saya jarang yg tanam mang
d perkotaan bru banyak

Balas

bukan fakar tapi Mangkar kang hehehe..
cuma belajar saja, ini sesuai pengalaman sayah entah cara ini betul atau tidak menurut para master bibit itu mah tergantung para master aja...

Balas

betul kang coba aja, di coba dikit - dikit, siapa tau malah kang Hadi yang cara membuat bibit yang ahlinya di merangkap jualan ubi... bijinya bukan udah punya kang ?.... hehe

Balas

Mungkin itu jenis palemnya yang kecil kang dan palem ini lama tingginya, ada juga yang pertumbuhannya cepat tinggi yaitu jenis palem Raja.

Balas

tapi dua tahun juga dah kelihatan bagus May, apalagi di pohonnya ditempelkan bunga anggrek tambah indah deh... heheh

maklum ini baru coba - coba, nanti deh sayah kembangkan kalau dah pengsiun hihi

nah betul dikota - kota tuh banyak ber deret sepanjang jalan atau depan gedung - gedung....

Balas

Selamat Pagi Kang...waah hebat tuh 3 minggu sudah keluar tunas, Mangyono memang Jagonya kalau masalah beginian...hehehe

Balas

sama aja, disebut palem kok

Balas

buah pohon palem bisa di konsumsi pak ?

Balas

kang hadi memang selalu lincah dalam berbisnis

Balas

kalau ini dikembangkan dengan serius , mang yono akan menjadi juragan kebun, coba aja koleksi tanamannya, ada anggrek, cemara, luntas dll...coba deh mang dibikin galeri gitu siapa tahu ada yang minta di bikinkan taman. Plus dengan kolam ikannya, tapi ikannya jangan dikasih ikan sepat lho mang.

Balas

kalau ditempat saya dingawi palem ya palem ga tahu kalau banyak jenisnya

makasih infonya kang makin tambah ilmu

Balas

saya kagum sama mamang

Balas

Dari mulai saya tinggal di kontrakan baru smpe sekarang, palem depan rumah gak berbuah, gak tinggi-tinggi juga... #parah

Balas

baru nanti yg bs terbang disebut "palembungan", tapi kl yg dicari-cari mas Agus namanya "palempuan"

:P

Balas

ini modal ilmu yang bermanfaat buat saya mang, makasih ya mang ilmunya

Balas

yang penting sudah berbagi lmu mang

Balas

selamat siang kang... iya kang mungki kebetulan saja hehehe.... saya bisanya cuma segini gak lebih kok

Balas

salah satu peluang usaha nih gan, makasih ilmunya

Balas

nggak bisa, ini cuma hiasan saja, lain lagi dengan pinang hehehe

Balas

Iya mas, tapi belum ada waktu... nati deh kalau sayah sudah pengsiun hehehe.... tapi ikan sepat kan bagus mas warna warni hehehe

Balas

iya sih palem ya palem tapi bentuk dan jenisnya punya saudara serta teman - teman palem hehehe...

sama sama sob... terimakasih kunjungannya

Balas

cuma terbentur modal mas hehehe

Balas

mungkin jenisnya palem pendek dan mandul mas hehehe... mungkin juga tanahnya kurang berpasir, palem kan suka sama pasir ....

Balas

iya mas siapa tau mas El berminat buka usaha pembibitan bunga... sama - sama mas, terimakasih juga atas kunjungannya

Balas

iya sob, siapa tau berminat buka usaha pembibitan bunga... sama - sama sob..

Balas

Wah hasil iseng saja bisa sebagus ini master, apalagi kalau bener-bener serius. Pasti hasil nya perfect. Dan pasti master BIbit akan KO hehehe :D

Balas

sama peyempuan ya mas heheeh

Balas

waduh hidung sayah jadi kembung nih hehe

Balas

Makasih infonya Gan.. salam kenal.. monggo mampir ke blog saya :-)

Balas

iya sob sama - sama, salam kenal juga dari sayah... oke deh

Balas

biji yg mana maksudnya....wahahahaha

Balas

mamang memang keren,serba bisa...


yg saya tau,kalo mau nanam palem ya beli bibit yg udah jadi.

Balas

ini kan yang buat hiasan di dpn rumah ya mang?

Balas

ternyata bisa juga ya Mang nanam pohon palem dari bijinya. hebat nih Mamang..

Balas

baru pertama kali saya mendengar dan melihat buah ini.. sungguh unik.. bagaimana cara memakannya? dimakan mentah atau dimasak?

Balas

Ini cuma coba - coba saja mas, orang lain bisa kenapa kita ndak mencobanya hehehe, soal gagal dan ndak tumbuh itu soal biasa mas heheeh.

Nah lebih praktis beli yang sudah jadi, apalagi langsung di tanemin sama yang jual bibit palemnya... lebih bagus lagi yang ada garansinya tanaman palem mati uang kembali hehehehe

Balas

buah palemnya bagus yah mang berwarna merah, makasih infonya mang :)

Balas

betul mas ini yang biasa ditanam berderet depan rumah atau di tepi jalan, tapi lebih bagus lagi palem tunggal

Balas

kalau mamang tangannya berarti cocok kalau tanam menanam yah mang, kalau saya kadang jadi kadang enggak hehe...

Balas

iya Bli tanam palem tunggal memang dari biji, kalau palem rumpun ya dari anakannya... sama seperti nanam pinang, kelapa, sawit dan kolang kaling

Balas

ini sejenis pohon pinang Mizz, tapi ini buat pohon hiasan depan rumah saja, bijinya tidak enak dimakan.

Balas

Iya mas, tapi buahnya gak enak dimakan dan tidak bisa di pakai untuk nginang atau makan sirih heheeh

Balas

oh.. begitu.. baru saya tahu.. saya sangka ia boleh dimakan.. hehe..

Balas

Mang, stlah benih dalamnya disemai di bak semai, itu cara ditutup plastik hitamnya gmna mang? Apakah memberi sedikit ruang utk sirkulasi udara, atau ditutup rapat/kedap ga apa2? Gmna mang? Sy udah tutup rapat bak semai saya pake plastik otak sehari kmaren nih. Makasih...

Balas

Palm kan ada banyak jenisnya ya mang, apa setiap jenis palm sama?

Balas

Ahamdulillah bijinya bisa di kembangkan ambil biji buahnya eang sudah masak atau eang berwarna merah lalu letakkan saja d tanah eang subur nanti tunasnya muncul selamat mencoba

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger