logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Melakukan pembibitan cangkokan sebelum ditanam di tanah langsung

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Hari Minggu 14/12/2014 saya melakukan Pemotongan cangkokan Jeruk Bali yang saya cangkok pada Tanggal 27 Juli 2014, sudah lama juga ya?. Berhubung sayanya sibuk, jadi baru bisa di potong sekarang cangkokannya dan dulu waktu mencangkoknya juga saya tulis juga di blog ini dengan judul Cara Mencangkok Pohon Jeruk Bali Ala Mang Yono

Pemotongan cangkokan yaitu dekat bungkusan tanah ( usahakan sedekat mungkin ), supaya kayunya tidak menjadi sarang rayap yang dapat merusak cangkokan.

Melakukan pembibitan cangkokan sebelum ditanam di tanah langsung. Foto jepretan 14/12/2014 
Melakukan pembibitan cangkokan sebelum ditanam di tanah langsung. Foto jepretan 14/12/2014

Daun-daun dari cangkokan dikurangi setengahnya agar tidak layu. Cangkok langsung ditanam, asalkan diberi peneduh terlebih dahulu sampai tanaman cukup kuat di lapangan. 

Tapi kalau yang ditanam langsung kebanyakan kurang berhasil. Yang bagus lagi Tanaman cangkokan sebaiknya ditanam dulu di tempat pembibitan yang teduh. Tempat pembibitan / polybag.
Daun-daun dari cangkokan dikurangi setengahnya agar tidak layu. Cangkok langsung ditanam, asalkan diberi peneduh terlebih dahulu sampai tanaman cukup kuat di lapangan. 

Tapi kalau yang ditanam langsung kebanyakan kurang berhasil. Yang bagus lagi Tanaman cangkokan sebaiknya ditanam dulu di tempat pembibitan yang teduh. Tempat pembibitan / polybag.

Caranya cukup sederhana :
  • Siapkan polybag, kalau saya sih menggunakan karung kecil aja, la sama aja khan buat semaian sementara.
  • Siapkan media tanah lalu campur dengan humus atau arang sekam padi
  • Masukan media tanah yang sudah dicampur tadi kedalam media polybag / karung, isi media kira – kira seperempatnya aja. Seperti Foto dibawah ini


    • Buka pelastik pembungkus cangkokan dengan hati – hati, jangan sampai tanahnya rontok dan akar cangkokan terputus. Seperti Foto dibawah ini

      • Letakan cangkokan tersebut kedalam polybag / karung, tambahkan media tanah yang sudah dicampur tersebut.  Seperti Foto dibawah ini

        • Selanjutnya, simpan ditempat yang ternaungi dari sinar matahari, siram 2 hari sekali. Kalau media masih basah / hujan ya jangan disiram ya.

        Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
        Enter your email address to get update from Mang Yono.
        Print PDF
        Next
        « Prev Post
        Previous
        Next Post »

        12 komentar

        saya juga nanem jeruk bali tuh Kang. udah bagus, lumayan tinggi. kalo saya nanemnya selain sekam pasi bakar, pake sabut kelapa dan pipuk kandang.

        Balas

        temen2 pada kemana sih Kang, lagi pada bobo' siang apa ya?

        Balas

        jadi saya pertamax begini ada hadiahnya Nggak Kang?

        Balas

        sampurasuuun, rampeees.
        #jadi ingat brama kumbara.
        koq saya jadi bingung sendirian disini

        Balas

        sesuatu yang dicangkok biasanya cepat besar dan berbuah ya mas, tapi ada yang bilang kalau cangkokan itu pohon pada akarnya ndak kuat, benarkah itu kang?

        Balas

        Saya dulu pernah gagal mencangkok gan :)
        tetapi sering mencoba akhirnya bisa..

        Balas

        Waw hebat juga mas yang satu ini ...

        Balas

        Temen - temen sedang liburan mas :)

        Balas

        Ada mas, hadiahnya ya pertamax :)

        Balas

        Blog saya lagi sepi pengunjung ya mas hehehe

        Balas

        Betul sekali mas, karena mungkin akarnya bukan akar tunggal lagi, akarnya menyebar kesamping, tapi kalau sudah lama pohonnya ya kuat juga tuh akarnya hehehe

        Balas

        Karena sering mencoba dan berlatih akhirnya jadi berpengalaman, .... pengalaman adalah guru terbaik ya mas

        Balas

        Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

        Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger