logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Mengenang Indahnya Daerah Purwakarta

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com Kalau melewati daerah Purwakarta, saya teringat pada 20 Tahun yang lalu, dimana saya sekolah di STMN Purwakarta di Jl Industri KM 4 Purwakarta. Tadi pagi saya sempat lewat ke perempatan Sadang / STS, Purwakarta, disitu terlihat tugu keramik yang tepat di tengah perempatan Sadang, Purwakarta.

Memang betul di daerah Anjun Plered, Purwakarta itu tempatnya berbagai keramik hiasan yang sangat menarik, berbagai macam ukuran dari yang besar hingga yg ber ukuran kecil, sebagai satu sarana pendidikan. Jarak setelah keluar pintu tol Ciganea, Purwakart, berkisar 9 KM ke Anjun Plered, atau berkisar 15 KM dari Kota Perempatan Sadang atau STS. 

Mengenang Indahnya Daerah Purwakarta. Foto tugu Guci keramik di Perempatan STS, Sadang, Purwakarta, Jepretan admin.
Mengenang Indahnya Daerah Purwakarta. Foto tugu Guci keramik di Perempatan STS, Sadang, Purwakarta, Jepretan admin.

Plered, sebagai daerah yang sejak lama terkenal sebagai Sentra Industri Keramik. Dulu waktu jamannya saya sekolah di STMN Purwakarta saya sering melihat cara pembuatan berbagai keramik hiasan yang sangat menarik, berbagai macam ukuran dari yang besar hingga yg ber ukuran kecil. 

Foto jadul, bareng teman - teman sekolah STMN Purwakarta. Foto dokumen pribadi
 Foto jadul, bareng teman - teman sekolah STMN Purwakarta. Foto dokumen pribadi

Nah, di Purwakarta ada juga situ Buleud yang lokasinya di Jl. K.K. Singawinata, Kamp. Situ, Desa Nagri Kaler, Kecamatan Purwakarta. Disebut Situ Buleud karena danau berbentuk bulat atau bahasa sundanya Buleud. Katanya pembuatan situ Buleud berlangsung antara tahun 1830–1831. Situ Buleud dibuat dengan tujuan: sebagai sumber air bagi kepentingan pemerintah dan masyarakat. Namun situ ini digunakan juga sebahai tempat rekreasi bagi masyarakat. Di Situ buleud ada patung Badak, apa mungkin dulunya tempat minum badak ya?. Situ Buleud merupakan ciri yang mudah dikenal dari kota Purwakarta.

Selain Situ Buleud saya sering juga ke Bendungan Jatiluhur, apalagi kalau pas Bolos, suka sewa angkot bersama teman – teman sekelas untuk menuju ke Waduk jatiluhur hehehe. Bendungan Jatiluhur, katanya bendungan terbesar di Indonesia. Bendungan itu dinamakan oleh pemerintah Waduk Ir. H. Juanda, dengan panorama danau yang luasnya 8.300 ha. waduk jatiluhur Terletak di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta atau jaraknya sekitar 9 km dari Kota Purwakarta.

Menurut yang saya baca Bendungan ini mulai dibangun sejak tahun 1957 oleh kontraktor asal Perancis, Waduk Jatiluhur merupakan waduk serbaguna pertama di Indonesia Selain dari itu berfungsijuga sebagai PLTA dengan sistem limpasan terbesar di dunia, kawasan Jatiluhur memiliki banyak fasilitas rekreasi yang memadai, seperi hotel dan bungalow, bar dan restaurant, lapangan tenis, bilyard, perkemahan, kolam renang dengan water slide, ruang pertemuan, sarana rekreasi dan olahraga air. Sarana olahraga dan rekreasi air misalnya mendayung, selancar angin, ski air, boating dan lainnya.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

ehm... nampaknya sedang nostalgia :v

saya dulu di pwk mang, di jatiluhur... tahun 1999-an

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger