logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pohon ki Tambleg pohon langka yang hanya ada di Subang dan Afrika.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.COM Pohon Ki Tambleg (Baobab), merupakan pohon langka khas Kabupaten Subang, Jawa Barat. Pohon ki Tambleg pohon langka  yang hanya ada di Subang dan Afrika.

Saat ini di Subang sudah banyak warga/petani yang tanam bibit Pohon Ki Tambleg, seperti pada poto dibawah ini, yang saya jepret di pinggir danau / situ Cijambe, kukulu, Desa Balingbing, Pagaden Barat Kabupaten Subang. Selain utk melestarikan, bibit Pohon Ki Tambleg punya nilai jual yang tinggi loh.

Pohon Ki Tambleg (Baobab).
 Pohon ki Tambleg (African Baobab/Adansonia digitata). Poto jepret admin di pinggir danau / situ Cijambe, kukulu, Desa Balingbing, Pagaden Barat Kabupaten Subang.

Pohon dalam foto diatas adalah Pohon Ki Tambleg (African Baobab/Adansonia digitata), mungkin sobat ada yang baru tau juga tentang pohon ini atau bahkan lebih tau dari saya hehehe. Di Kota Subang, Pohon Ki Tambleg dijadikan ikon konservasi lingkungan, sa’at ini cuma terdapat sekitar 20 "pohon induk".
Beberapa pohon Ki Tambleg dari Subang yang dipindah ke lingkungan Univ. Indonesia.
 Beberapa pohon Ki Tambleg dari Subang yang dipindah ke lingkungan Univ. Indonesia. Poto dari kompasiana.com

Pohon Ki Tambleg sudah ada beberapa pohon yang dipindah ke lingkungan Univ. Indonesia. Salah satunya Pohon Ki Tambleg sudah berumur 160 Tahun. Pohon Ki Tambleg dari habitat awalnya di perkebunan tebu PG Rajawali Nusantara II di Kampung Cipedes Desa Pasirmuncang Kecamatan Cikaum, ke area gedung sejarah Wisma Karya di Jalan Ahmad Yani Subang.

Pohon Ki Tambleg di gedung sejarah Wisma Karya di Jalan Ahmad Yani Subang. Poto dari papatoong

Bahkan Pohon Ki Tambleg yang ditanam di Kebun Raya Bogor oleh Mr. Fletscher pada tahun 1955 konon bibitnya berasal dari Manyingsal, Subang. Awalnya Pohon Ki Tambleg berasal dari kawasan Afrika. Tumbuh di Subang setelah orang Portugis membawanya Pohon Ki Tambleg dari Afrika. Pohon Ki Tambleg baru berbuah (menghasilkan biji) saat udah berumur +-50 thn, mungkin itu yg membuat pohon ini jadi langka.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

wah ...saya nyimak dulu deh isi berita nya . . .. .

Balas

secara pribadi saya berpikiran bahwa yg dilakukan oleh Univ. Indo dalam me"relokasi" pohon ini dari PG II dan dari Perum Sang Hyang Sri Sukamandi, adalah MENGHILANGKAN BUKTI DAN FAKTA SEJARAH, tak ada sejarahnya pohon ini tau tau ada dan sdh besar di lingkungan rektorat di depok, anak cucu saya kelak mungkin hanya tau nya pohon ini besar di sana, bukan di sukamandi, padahal pohon ini di tanam di sukamandi sebagai Land Mark perkebunan milik belanda, .

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger