Pohon ki Tambleg pohon langka yang hanya ada di Subang dan Afrika.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.COM Pohon Ki Tambleg (Baobab), merupakan pohon langka khas Kabupaten Subang, Jawa Barat. Pohon ki Tambleg pohon langka  yang hanya ada di Subang dan Afrika.

Saat ini di Subang sudah banyak warga/petani yang tanam bibit Pohon Ki Tambleg, seperti pada poto dibawah ini, yang saya jepret di pinggir danau / situ Cijambe, kukulu, Desa Balingbing, Pagaden Barat Kabupaten Subang. Selain utk melestarikan, bibit Pohon Ki Tambleg punya nilai jual yang tinggi loh.

Pohon Ki Tambleg (Baobab).
 Pohon ki Tambleg (African Baobab/Adansonia digitata). Poto jepret admin di pinggir danau / situ Cijambe, kukulu, Desa Balingbing, Pagaden Barat Kabupaten Subang.

Pohon dalam foto diatas adalah Pohon Ki Tambleg (African Baobab/Adansonia digitata), mungkin sobat ada yang baru tau juga tentang pohon ini atau bahkan lebih tau dari saya hehehe. Di Kota Subang, Pohon Ki Tambleg dijadikan ikon konservasi lingkungan, sa’at ini cuma terdapat sekitar 20 "pohon induk".
Beberapa pohon Ki Tambleg dari Subang yang dipindah ke lingkungan Univ. Indonesia.
 Beberapa pohon Ki Tambleg dari Subang yang dipindah ke lingkungan Univ. Indonesia. Poto dari kompasiana.com

Pohon Ki Tambleg sudah ada beberapa pohon yang dipindah ke lingkungan Univ. Indonesia. Salah satunya Pohon Ki Tambleg sudah berumur 160 Tahun. Pohon Ki Tambleg dari habitat awalnya di perkebunan tebu PG Rajawali Nusantara II di Kampung Cipedes Desa Pasirmuncang Kecamatan Cikaum, ke area gedung sejarah Wisma Karya di Jalan Ahmad Yani Subang.

Pohon Ki Tambleg di gedung sejarah Wisma Karya di Jalan Ahmad Yani Subang. Poto dari papatoong

Bahkan Pohon Ki Tambleg yang ditanam di Kebun Raya Bogor oleh Mr. Fletscher pada tahun 1955 konon bibitnya berasal dari Manyingsal, Subang. Awalnya Pohon Ki Tambleg berasal dari kawasan Afrika. Tumbuh di Subang setelah orang Portugis membawanya Pohon Ki Tambleg dari Afrika. Pohon Ki Tambleg baru berbuah (menghasilkan biji) saat udah berumur +-50 thn, mungkin itu yg membuat pohon ini jadi langka.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar