logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Hihid / Kipas Bambu, Alat Dapur Tradisional Indonesia

Sampurasun ... Rampes

MANGYONO.com –  Hihid atau Kipas Bambu Adalah kipas berbentuk kotak yang terbuat dari anyaman bambu, mempunyai pegangan yang terbuat dari batang bambu yang dijepitkan dan diikat pada anyaman. Hihid / Kipas bambu dipakai untuk mendinginkan nasi panas yang baru diambil dari aseupan / Alat kukusan. selain itu bisa juga dipakai untuk mengipasi bara arang bagi tukang sate.

Hihid / Kipas bambu bisa juga untuk AC alami.. Hehe.. Di jaman yang serba modern seperti sekarang ini, memang peralatan tradisional sudah mulai tersisihkan. Tapi untuk menghemat listrik bisa juga alat Kipas bambu menjadi alternatif lain hehehe.

Hihid / Kipas Bambu, Alat Dapur Tradisional Indonesia
 Hihid / Kipas Bambu, Alat Dapur Tradisional Indonesia


Hihid / Kipas bambu sangat banyak di jumpai tak hanya di pedesaan, di kota pun masih sangat banyak orang yang memakainya bahkan untuk hisaan di rumah. Bukan karna kuno, tetapi karna dari segi kesehatan, kipas bambu menghasilakan udara alami dibanding Kipas angin biasa atau Air Conditioner (AC)... Katanya sih hehehe.

Hihid / Kipas bambu bisa juga untuk AC alami
 Hihid / Kipas bambu bisa juga untuk AC alami

Untuk menambah daya tarik, Hihid / Kipas bambu, maka dibuatlah beraneka ragam warna dan corak anyaman. Bahkan beraneka ragam bentuknya seperti Kipas warna, kipas sate, kipas putih, bahkan kipas jumbo.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

kipas bin hihid dari anyaman bambu di cilembu mah sudah sulit dicari mang, maklum kami sudah menggunakan blower...lagian mana bisa ubi cilembu yang baru di cuci di hihidan...ngga mungkin pisan pan?

Balas

Kebetulan nenek saya masih suka memakai kipas beginian mas. Walaupin susah jumpa si pasaran, utk membuatnya gak susaj kok mang.

Balas

Senjata paling ampuh haji muhidin nusir mak enok

Balas

nah kalo kipas yg beginian aku udah punya mang :)

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger