logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Jamur Kumbung di Dusun Kukulu, Desa Balingbing

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Jamur Kumbung itu karena pembuatannya menggunakan kumbung alias Gubuk / saung, padahal namanya sih jamur merang .. Hehehe, di daerah Pagaden Barat tempat pembuatan jamur tersebut di pesawahan daerah Dusun Kukulu 1, Desa Balingbing, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang.Kalau dari rumah admin sekitar 3 KM, tepatnya desa Balingbing ini adalah tetangga desa saya yaitu Desa Bendungan, cuma masih satu kecamatan.

Biasanya Panen jamur dimulai pada pukul 07.00-. Katanya Jamur yang sudah bisa dipanen yaitu jamur yang sudah berumur sepuluh hari, seterusnya jamur bisa dipanen setiap hari sampai jamur tersebut habis. 

Jamur Kumbung di Dusun Kukulu, Desa Balingbing
Jamur Kumbung itu adalah jamur merang, petani jamur di Dusun Kukulu, Desa Balingbing

Nah, Lezatnya jamur merang tak kalah dengan daging ayam, daging, dan ikan. itu adalah pengakuan dari masyarakat yang sudah merasakan kelezatan jamur merang. Selain dijual dalam bentuk jamur segar, jamur merang juga dapat diolah menjadi keripik, kerupuk, pepes jamur, dan rawon. 
Menurut keterangan dari pembudidaya jamur di Dusun Kukulu ini Waktu pemanenan jamur tergantung rezeki, kadang-kadang panen hanya dilakukan selama seminggu tapi juga bisa sampai sebulan berturut-turut. Jamur yang didapat  rata-rata sekitar 20-50 kg/hari.

Jamur Merang di Dusun Kukulu, Desa Balingbing
 Ibu ini sedang menyortir Jamur Merang di Dusun Kukulu, Desa Balingbing

Kegiatan penanaman jamur di desa Balingbing ini masih banyak kekurangan atau hambatan dari penanaman jamur di Desa Balingbing. Diantaranya para petani jamur tidak bisa menghasilkan bibit jamur sendiri dan masih membeli bibit jamur. Nah, untuk itu perlu adanya bimbingan dari pemerintah mengenai tata cara pembuatan bibit jamur, khususnya bimbingan dari pemerintah setempat.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

yang kaya gimana sih jamur kumbung itu mas liat fhoto nya engga jelas :)

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger