Jamur Kumbung di Dusun Kukulu, Desa Balingbing

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Jamur Kumbung itu karena pembuatannya menggunakan kumbung alias Gubuk / saung, padahal namanya sih jamur merang .. Hehehe, di daerah Pagaden Barat tempat pembuatan jamur tersebut di pesawahan daerah Dusun Kukulu 1, Desa Balingbing, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang.Kalau dari rumah admin sekitar 3 KM, tepatnya desa Balingbing ini adalah tetangga desa saya yaitu Desa Bendungan, cuma masih satu kecamatan.

Biasanya Panen jamur dimulai pada pukul 07.00-. Katanya Jamur yang sudah bisa dipanen yaitu jamur yang sudah berumur sepuluh hari, seterusnya jamur bisa dipanen setiap hari sampai jamur tersebut habis. 

Jamur Kumbung di Dusun Kukulu, Desa Balingbing
Jamur Kumbung itu adalah jamur merang, petani jamur di Dusun Kukulu, Desa Balingbing

Nah, Lezatnya jamur merang tak kalah dengan daging ayam, daging, dan ikan. itu adalah pengakuan dari masyarakat yang sudah merasakan kelezatan jamur merang. Selain dijual dalam bentuk jamur segar, jamur merang juga dapat diolah menjadi keripik, kerupuk, pepes jamur, dan rawon. 
Menurut keterangan dari pembudidaya jamur di Dusun Kukulu ini Waktu pemanenan jamur tergantung rezeki, kadang-kadang panen hanya dilakukan selama seminggu tapi juga bisa sampai sebulan berturut-turut. Jamur yang didapat  rata-rata sekitar 20-50 kg/hari.

Jamur Merang di Dusun Kukulu, Desa Balingbing
 Ibu ini sedang menyortir Jamur Merang di Dusun Kukulu, Desa Balingbing

Kegiatan penanaman jamur di desa Balingbing ini masih banyak kekurangan atau hambatan dari penanaman jamur di Desa Balingbing. Diantaranya para petani jamur tidak bisa menghasilkan bibit jamur sendiri dan masih membeli bibit jamur. Nah, untuk itu perlu adanya bimbingan dari pemerintah mengenai tata cara pembuatan bibit jamur, khususnya bimbingan dari pemerintah setempat.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar