--> Skip to main content

Menanam pepaya selalu gagal berbuah .. !!

Sampurasun .... Rampes.

MANGYONO.com – Maksud hati ingin budidaya Pepaya, apa daya selalu tumbuh pepaya Gandul. Pepaya itu katanya berumah tunggal sekaligus berumah dua dengan tiga kelamin. Tumbuhan jantan, betina, dan banci (hermafrodit).

Tumbuhan jantan dikenal sebagai "pepaya gantung" atau di tempat saya disebut dengan pepaya Gandul, walaupun jantan kadang-kadang dapat menghasilkan buah pula secara "partenogenesis" tapi buahnya kecil dan gak lebat, malahan gak sampai jadi buah sudah dipetik tetangga dan istri untuk dibuat oseng – oseng / tumis atau dibuat lalapan mentah .

Menanam pepaya selalu gagal berbuah .. !!
 Menanam pepaya selalu gagal berbuah .. !!

Kata mertua, istri dan tetangga, tangan saya ntu dingin, maksud dingin disini, kalau menanam tanaman selalu tumbuh, beda lagi dengan tangan panas, kalau menanam tanaman gak akan tumbuh, bahkan sekedar menyiram pun ntu tanaman langsung mati. Iya sih tumbuh, tapi soal menanam pepaya saya selalu gagal, memang betul tumbuh dengan subur ..... Tapi selalu tumbuh menjadi pepaya Gandul alias pepaya jantan. 
  
Pohon pepaya saya selalu tumbuh menjadi pepaya gandul.
 Pohon pepaya saya selalu tumbuh menjadi pepaya gandul.

Tempo hari saya menanam 10 pohon pepaya dari hasil semaian biji. Tapi apa yang terjadi, kesepuluh tanaman pepaya tersebut berbunga gandul alias bunga doang, dengan bungan banyak yang menempel pada tangkai memanjang. Biasanya khan bunga pepaya memiliki mahkota bunga berwarna kuning pucat dengan tangkai atau duduk pada batang pohon. Ini malah bunga tumbuhan pada tangkai panjang.Tanpa ba ... bi ... bu ... saya tebang kesembilan pohon pepaya tersebut dan cuma menyisakan 1 pohon ... Hehehe.

Percobaan penanaman Pepaya ini saya lakukan sudah 3 kali, tapi tetep hasilnya sama, tumbuh menjadi pepaya Gandul atau pepaya gantung ... Hehehe. Eh saya sampai heran kenapa coba setiap saya menanam pepaya selanjutnya tumbuh menjadi pepaya gantung yang tak sampai berbuah karena keburu dipetik untuk oseng – oseng dan lalapan.... 

Daun dan bunga pepaya gandul enak untuk lalapan.
 Daun dan bunga pepaya gandul enak untuk lalapan.

Ya, sudah mendingan bunga pepaya gandul saya buat lalapan ajah ... hehehe. Khan sayang kalau gak dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Tapi meskipun gagal terus saya gak akan patah semangat, akan selalu mencoba ... mencoba ... dan mencoba... kalau masih tetep... Ya, mungkin sudah gandulkan saja ... hehehe

Baca : Tumbuhan yang bisa dijadikan lalapan mentah

Bunga pepaya gandul saat dipraktekan untuk lalapan... Dicoel ke sambel Goang ... Hehheeh
 Bunga pepaya gandul saat dipraktekan untuk lalapan... Dicoel ke sambel Goang ... Hehheeh

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments