logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Menanam pepaya selalu gagal berbuah .. !!

Sampurasun .... Rampes.

MANGYONO.com – Maksud hati ingin budidaya Pepaya, apa daya selalu tumbuh pepaya Gandul. Pepaya itu katanya berumah tunggal sekaligus berumah dua dengan tiga kelamin. Tumbuhan jantan, betina, dan banci (hermafrodit).

Tumbuhan jantan dikenal sebagai "pepaya gantung" atau di tempat saya disebut dengan pepaya Gandul, walaupun jantan kadang-kadang dapat menghasilkan buah pula secara "partenogenesis" tapi buahnya kecil dan gak lebat, malahan gak sampai jadi buah sudah dipetik tetangga dan istri untuk dibuat oseng – oseng / tumis atau dibuat lalapan mentah .

Menanam pepaya selalu gagal berbuah .. !!
 Menanam pepaya selalu gagal berbuah .. !!

Kata mertua, istri dan tetangga, tangan saya ntu dingin, maksud dingin disini, kalau menanam tanaman selalu tumbuh, beda lagi dengan tangan panas, kalau menanam tanaman gak akan tumbuh, bahkan sekedar menyiram pun ntu tanaman langsung mati. Iya sih tumbuh, tapi soal menanam pepaya saya selalu gagal, memang betul tumbuh dengan subur ..... Tapi selalu tumbuh menjadi pepaya Gandul alias pepaya jantan. 
  
Pohon pepaya saya selalu tumbuh menjadi pepaya gandul.
 Pohon pepaya saya selalu tumbuh menjadi pepaya gandul.

Tempo hari saya menanam 10 pohon pepaya dari hasil semaian biji. Tapi apa yang terjadi, kesepuluh tanaman pepaya tersebut berbunga gandul alias bunga doang, dengan bungan banyak yang menempel pada tangkai memanjang. Biasanya khan bunga pepaya memiliki mahkota bunga berwarna kuning pucat dengan tangkai atau duduk pada batang pohon. Ini malah bunga tumbuhan pada tangkai panjang.Tanpa ba ... bi ... bu ... saya tebang kesembilan pohon pepaya tersebut dan cuma menyisakan 1 pohon ... Hehehe.

Percobaan penanaman Pepaya ini saya lakukan sudah 3 kali, tapi tetep hasilnya sama, tumbuh menjadi pepaya Gandul atau pepaya gantung ... Hehehe. Eh saya sampai heran kenapa coba setiap saya menanam pepaya selanjutnya tumbuh menjadi pepaya gantung yang tak sampai berbuah karena keburu dipetik untuk oseng – oseng dan lalapan.... 

Daun dan bunga pepaya gandul enak untuk lalapan.
 Daun dan bunga pepaya gandul enak untuk lalapan.

Ya, sudah mendingan bunga pepaya gandul saya buat lalapan ajah ... hehehe. Khan sayang kalau gak dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Tapi meskipun gagal terus saya gak akan patah semangat, akan selalu mencoba ... mencoba ... dan mencoba... kalau masih tetep... Ya, mungkin sudah gandulkan saja ... hehehe

Baca : Tumbuhan yang bisa dijadikan lalapan mentah

Bunga pepaya gandul saat dipraktekan untuk lalapan... Dicoel ke sambel Goang ... Hehheeh
 Bunga pepaya gandul saat dipraktekan untuk lalapan... Dicoel ke sambel Goang ... Hehheeh


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

7 komentar

waduh ga jadi deh aku mau ikut panen pepaya.. tangan saya juga panas mang, nanam apapun selalu di panenin duluan hehe

Balas

pepaya meski gagal berbuah juga masih banyak manfaatnya, bunga dan daun muda enak dilalap atau dibikin urap. daunnya juga bisa melembutkan daging jika ingin bikin sate. tapi kebun pepaya dengan jumlah 1000 batang tidak berbuah semua, bisa bikin rambut rontok.
Eh... setidaknya daun dan bunganya bisa dijual di pasar sayur...
Salam Blogger Mang..., jika ada yang salah, maafkan saya....

Balas

hehehe tapi kalau sabar katanya akan berhasil ... kegagalan adalah guru yang terbaik ... tapi kalau gagal terus ya nelongso hehehe

Balas

Iya sih mas, bunga dan daunnya juga enak di buat masakan atau lalapan mentah ... tapi kalau satu kebun pepaya gandul semua khan bikin mumet hehehe... meskipun bisa dijual juga harganya jauh berbeda dengan buahnya mas... Gak ada yang salah mas, malah saya yang salah jadi deh tanamannya gandul semua hehehe

Balas

Nyimak aja mas :) ngomong2 sambalnya enak tuh :D

Balas

Terus kalo udah berbunga gandul bs gak di rubah.... misal di kawinkan atau di pangkas kali aja bunga baru jadi gak gandul lagi?

Balas

Pepayaku sdh umur setahun, berbuah tapi kok nggak mateng mateng ya... Barapa lama memang dari bunga sampai panen?

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger