logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara menghilangkan rasa pahit pada daun atau bunga pepaya

Sampurasun... Rampes ... Blog Mang Yono kali ini mau berbagi tentang Cara menghilangkan rasa pahit pada daun atau bunga pepaya. Sobat suka makan daun pepaya?. Entah itu direbus, ditumis atau dioseng – oseng tergantung selera, enak kan rasanya. 

Tapi daun pepaya rasanya pahit karena mempunyai getah yang cukup banyak. Kalau tidak terbiasa pasti rasa ini dapat menurunkan untuk mengkonsumsi olahan daun pepaya ini, nah untuk menurunkan rasa pahit pada daun atau bunga pepaya, sebenarnya ada beberapa cara yang sangat sederhana, berikut penuturan ibu – ibu yang suka membuatkan olahan daun pepaya untuk keluargannya:
Cara menghilangkan rasa pahit pada daun atau bunga pepaya
Pohon pepaya di belakang rumah Mang Yono

(!). Dengan taneuh angir ( tanah liat)
Tanah ini di daerah saya disebut tanah angir, karena jaman dahulu tanah ini suka di pakai buat mencuci rambut atau sampoan. Nah untuk menghilangkan rasa pahit pada daun atau bunga pepaya caranya dengan merebus daun pepaya atau bunga pepaya dengan mencampur tanah liat. Setelah empuk, cuci rebusan daun pepaya tersebut sampai tidak tersisa tanah liatnya.

Daun atau bunga pepaya  di belakang rumah Mang Yono
(!!). Dengan daun jambu biji, daun jambu mete, daun singkong
Caranya pilih salah satu daun pencampurnya, silahkan mau pilih yang mana daun jambu biji, daun jambu mete atau daun singkong, Rebus sampai mendidih dan angkat pisahkan dengan daun pencampur lalu cuci bersih dengan air bersih.

(!!!). Dengan batu bata
Caranya hampir sama dengan bahan pencampur yang diatas, yaitu merebus dengan menambahkan potongan batu bata, ambil satu potong batu bata derus rebus bersama daun pepaya, tapi ingat jangan memakai semen dan pasir ya, nanti malah dikira mau bikin bangunan ... # Semprul eheheh.

Nah cara diatas cuma yang saya ketahui, mungkin cara – cara lain masih banyak.

Pohon pepaya  di belakang rumah Mang Yono

Tulisan Cara menghilangkan rasa pahit pada daun atau bunga pepaya ini diterbitkan karena kemarin istri saya masak oseng – oseng daun dan bunga pepaya, daun dan bunga pepayannya saya ambil dari belakang rumah saya, yaitu pepaya gandul, pepaya ini tidak berbuah cuma kembang doang, ya sudah saya ambil saja buat dimasak.

Lalapan daun pepaya mentah
Tapi saya sudah terbiasa dengan pahit ketirnya dunia, termasuk lalapan juga suka yang pahit, lebih menantang sepertinya kalau makan yang pahit - pahit, seperti lalapan dalam poto dokumen Mang Yono ini, lalapan daun pepaya, kemangi, daun jambu mete, tapi tidak termasuk daun pintu dan daun jendela ... # Semprul hehehe

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

34 komentar

kalo saya udah kebal sama phaitnya daun-daunan mang, suka lalab wkwkkwk.. maklum orang kampung :D

Balas

Saya lebih suka daun pepaya bila dimasak yang agak2 pahit dikit, lebih extrim, he he...

Balas

menurut saya justru rasa pahit pada daun/bunga pepaya itu yg menambah enak mang, jadi gak perlu dihilangkan pahitnya, hehehe :D
makasih sharingnya :)

Balas

Biasanya menghilangkan pahitnya pake tanah, ternayata pake daun jambu juga bisa ya :)

Balas

wah kalau trik ini saya sudah pernah coba master. Memang manjur dan mantap. Jadi nggak pahit lagi :)

Balas

Saya yang nggak suka daun pepaya menurut saya pahit sekali dan lidah saya tidak kuat...dicoba saja triknya nanti mang..makasih

Balas

enak neh mang buat makan,, nyami

Balas

kalau rasa pahitnya dihilangin lantas bagaimana kandungan enzim katalase yang ada didalamnya? apa akan hilang juga?

Balas

Wah biar PAIT tetapi kalau untuk kesehatan mengapa tiidak
hmmm. Seperti PARE pahit tapi menyehatkan

Balas

sama gula bisa nggak mang? saya ngak begitu suka daun pepaya mang, tapi kalau pepayanya saya suka..hehehe

Balas

heheh nah katannya kalau sering makan yang pahit - pahit nyamuk juga ogah menggigit, seperti minum rebusan mantrawali hehehe

Balas

biasanya saya juga begitu kang, malahan di makan mentah di buat lalapan hehehe

Balas

betul juga sih mbak, tapi keluarga saya gak suka yang pahit - pahit, kalau saya sih anteng - anteng saja hehehe

Balas

iya mas selain pakai tanah pakai daun jambu, pakai batu bata juga bisa asal jangan pakai semen dan pasir aja ... eheheh

Balas

oooh udah tau ya mbak master, jadi malu saya hehehe ...

Balas

silahkan di coba mbak jeng, dan katannya khasiat dari daun pepaya bila di konsumsi oleh istri bikin suami betah di rumah hehehe

Balas

silahkan di comot mas hehehe

Balas

wah kalau itu saya tidak tau mas, harus tannya bagian gizi ya mas hehehe

Balas

betul juga ya mas, obat - obatan kimia juga kebannyakan PAIT kecuali obat mag dan obat buat anak - anak balita eheheh

Balas

sama gula juga bisa bli gulannya sekilo daun pepayannya secuil heheeh.... kalau pepayannya saya juga ndak nolak eheheh

Balas

haha, yang di batu bata tuh, saya hampir ketawa Mang

Balas

cara yg kedua saya sering praktekan mang. ada lagi caranya mang yakni pakai garam atau baking soda. daun pepaya dicuci dengan garam ato baking soda. rasa pahitnya benar2 hilang deh :)

Balas

biasanya ibu saya pake tanah liat, tapi saya lebih suka kalau daun pepaya masih pahit :)

Balas

ikut nyimak dulu gan

kunjunga perdana :D

Balas

Rasa pahit pada daun pepaya memang di perlukan untuk tubuhkita ya bang apalagi kandungan pahitnya sangat berguna - kita juga menambahkan rasa asem manis dengan sedikit tambahan bunga pepayanya.

Balas

wah gitu yangkang caranya, pantesan kalu buat masakan daun pepaya kurang sip rasanya, tks atas infonya

Balas

Halo Mang, mau nambahin, bisa juga direbus pakai asam untuk ngurangin pahitnya. Kami sempat bahas di blog.. Boleh saling share disini ya?

http://resepkoki.co/menghilangkan-rasa-pahit-daun-bunga-pepaya/

Akan lebih baik kalau dibagiin sekalian resep oseng daun pepaya dari istrinya Mang :)

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

caranya pernah dipraktekkin nih pas makan di lesehan.

Balas

bisa diterapin nggak ya pas mknya.

Balas

kalo rasanya pahitnya hilang,, bukan kah khasiatnya dari daun pepaya juga hilang ga?? jadi yg dimakan tinggal ampasnya tuh.. :D

Balas

Daun pepaya memang rasanya pahit, tapi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan apalgi untuk ibu-ibu menyusui, diercayai secara turun temurun daun ini bermanfaat untuk memperbanyak asi. Terima kasih atas sharing nya tentunya akan sangat bermanfaat bagi saya dan pengunjung blog ini lainnya

Balas

Terima kasih Mang Yono.
Daun pepaya memang pahit padahal daun pepaya memiliki banyak kandungan gizi dan manfaat jika dikonsumsi.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger