--> Skip to main content

Pertanda kupu – kupu terbang ke rumah kita

Sampurasun.... Rampes...

MANGYONO.com – Di pedesaan seperti tempat saya dibesarkan bahkan sekarang sudah agak tuwa .. Heheh, menemukan kupu – kupu bukan suatu hal yang istimewa. Kita bisa menemukannya setiap hari di halaman rumah, bertengger atau menclok di pepohonan taman bunga depan rumah atau bahkan masuk ke dalam rumah. Sampai akhirnya terjebak di dalam ruangan dan kadang tak bisa menemukan jalan keluar. Biasanya saya membuka pintu atau jendela, dan mempersilahkan sang kupu - kupu untuk terbang kembali ke dunianya yang bebas dan luas.

Kehadiran kupu – kupu di dalam rumah saya, bagi saya tidak mengandung makna khusus, hanya merasa ada suatu berkah saja karena bisa melihat hewan cantik itu dari dekat, dan di Foto ... Hehehe. 

 Pertanda kupu – kupu terbang ke rumah kita. Foto jepretan si Kaka  Pertanda kupu – kupu terbang ke rumah kita. Foto jepretan si Kaka

Tapi para orang tua kadang percaya bahwa kupu –kupu di dalam rumah merupakan sebuah tanda akan adanya tamu yang berkunjung. Entah apa alasannya, saya belum tau.
Katanya:

“Kupu-kupu yang terbang masuk rumah, kemudian terbang lagi masuk dalam kamar tidur bahkan hinggap di tempat tidur, pertanda akan ada tamu yang datangnya dari jauh dan akan menginap di rumah kita”.

“Bila sang kupu - kupu hinggap di pintu depan rumah, pertanda akan kedatangan tamu dari sekitar kampung dan tamunya tidak menginap, alias sebentar”.

Dan masih banyak lagi katanya .. katanya ... dan katanya ... 

Memang betul Kupu –kupu itu makhluk yang cantik. Saya juga merasa jadi istimewa setelah saya berada di sebuah kota besar dan semakin jarang menemukan sang kupu - kupu. Kupu –kupu terbang bebas di sekitar saya menjadi suatu barang yang mewah dan langka.

Si Kaka anak saya yang sulung yang semula asyik dengan buku PR-nya, langsung melihat keluar, ” wow, kupu-kupunya bagus sekali“, dengan ekspresi senang seperti mendapat sebuah kejutan. ” Gak diphoto, Pah?” liriknya ke saya, “biar masuk blog  “. Bapaknya berlagak gak berminat. Eh gak berapa lama, kupu-kupu hinggap di pintu.

Katanya kupu-kupu pembawa pertanda bakal kedatangan tamu lah. Nenek saya malah menambahkan kalau ada juga yang bilang kupu-kupu itu juga pembawa pertanda, yang empunya rumah akan mendapat rizki ...  Kalau benar begitu, kupu-kupu sering-sering ajalah  berkunjung ke rumah saya.

Menurut saya sih dimana banyak pohon yang mempunyai bunga, kupu-kupu akan banyak dilingkungan tersebut. Karena si kupu-kupu termasuk serangga yang membantu proses penyerbukan tanaman. Keberadaan kupu-kupu di sebuah lingkungan juga sebagai pertanda ekosistem dilingkungan tersebut lumayan lengkap. Metamorfosa bisa berjalan, telur-ulat-kepompong-kupu-kupu. Begitu juga hewan lain yang menjadikan kupu-kupu sebagai makanannya .
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments