--> Skip to main content

Cara menggunakan pupuk organik cair pada tumbuhan

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Pupuk organik cair diaplikasikan pada daun, bunga atau batang. Caranya dengan mengencerkan pupuk dengan air bersih terlebih dahulu kemudian disemprotkan pada tanaman. Kepekatan pupuk organik cair yang akan disemprotkan tidak boleh lebih dari 2%. Sebelumnya saya pernah menulis Menyulap sampah menjadi pupuk organik dengan tabung ajaib

Pada kebanyakan produk, pengenceran dilakukan hingga 1:100. Artinya, setiap 1 takaran pupuk organik cair diencerkan dengan 100 takaranair bersih, apabila pupuk organik membuat sendiri tergantung dari kekentalan pupuk organik cair tersebut. Untuk cara pembuatan pupuk organik cair silahkan baca Membuat pupuk organik cair

Cara menggunakan pupuk organik cair pada tumbuhan
 Cara menggunakan pupuk organik cair pada tumbuhan, tanaman, bunga dan sejenisnya


Cara menggunakan pupuk organik cair pada tumbuhan yaitu sebagai berikut :
i. Karena saya membuat pupuk organik cair sendiri jadi cukup mengeluarkannya dari dalam tong melalui kran. Pupuk organik cair yang membuat pupuk perangsang daun yaitu menggunakan sumber bahan organik dari jenis daun-daunan. 

Untuk membuat pupuk perangsang buah gunakan bahan organik dari sisa limbah buah seperti sekam padi atau kulit buah-buahan.

FOTO : Mengeluarkan pupuk organik cair dari dalam tong pembuatan pupuk organik.
FOTO : Mengeluarkan pupuk organik cair dari dalam tong pembuatan pupuk organik.

ii. Siapkan pupuk organik cair yang mau digunakan untuk pemupukan tanaman.

FOTO : Menyiapkan pupuk organik cair yang mau digunakan untuk pemupukan tumbuhan
FOTO : Menyiapkan pupuk organik cair yang mau digunakan untuk pemupukan tumbuhan

iii. Tambahkan air pada pupuk organik cair, untuk perbandingan disesuaikan, apabila encer perbandingan 1:3, yaitu 1 untuk pupuk organik cair 3 untuk penambahan air bersih. Apabila kental pupuk organik cair bisa di tambahkan air hingga per seratus dari banyaknya pupuk organik cair.

FOTO : Penambahan air pada pupuk organik cair
 FOTO : Penambahan air pada pupuk organik cair 

iv. Selanjutnya pupuk organik cair sudah bisa di gunakan untuk pemupukan tanaman dengan menggunakan sprayer atau alat semprot, bisa juga dengan menyiramkannya ke akar tanaman atau sekitar batang tanaman. 

FOTO : Penyiraman bunga dengan pupuk organik cair
 FOTO : Penyiraman bunga dengan pupuk organik cair

Untuk merangsang pertumbuhan daun, pupuk organik cair bisa disemprotkan pada tanaman yang baru bertunas. 

Untuk menghasilkan buah, biji atau umbi, pupuk disemprotkan saat perubahan fase tanaman dari vegetatif ke generatif. Bisa disemprotkan langsung pada bunga ataupun pada batang, daun atau disiramkan pada akar tanaman. 

Setiap penyemprotan hendaknya dilakukan dengan interval waktu satu minggu jika musim kering atau 3 hari sekali pada musim hujan. Namun dosis ini harus disesuaikan lagi dengan jenis tanaman yang akan disemprot.

Foto - foto di atas adalah dokumen pribadi, jepretan admin
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments