logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara menggunakan pupuk organik cair pada tumbuhan

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Pupuk organik cair diaplikasikan pada daun, bunga atau batang. Caranya dengan mengencerkan pupuk dengan air bersih terlebih dahulu kemudian disemprotkan pada tanaman. Kepekatan pupuk organik cair yang akan disemprotkan tidak boleh lebih dari 2%. Sebelumnya saya pernah menulis Menyulap sampah menjadi pupuk organik dengan tabung ajaib

Pada kebanyakan produk, pengenceran dilakukan hingga 1:100. Artinya, setiap 1 takaran pupuk organik cair diencerkan dengan 100 takaranair bersih, apabila pupuk organik membuat sendiri tergantung dari kekentalan pupuk organik cair tersebut. Untuk cara pembuatan pupuk organik cair silahkan baca Membuat pupuk organik cair

Cara menggunakan pupuk organik cair pada tumbuhan
 Cara menggunakan pupuk organik cair pada tumbuhan, tanaman, bunga dan sejenisnya


Cara menggunakan pupuk organik cair pada tumbuhan yaitu sebagai berikut :
i. Karena saya membuat pupuk organik cair sendiri jadi cukup mengeluarkannya dari dalam tong melalui kran. Pupuk organik cair yang membuat pupuk perangsang daun yaitu menggunakan sumber bahan organik dari jenis daun-daunan. 

Untuk membuat pupuk perangsang buah gunakan bahan organik dari sisa limbah buah seperti sekam padi atau kulit buah-buahan.

FOTO : Mengeluarkan pupuk organik cair dari dalam tong pembuatan pupuk organik.
FOTO : Mengeluarkan pupuk organik cair dari dalam tong pembuatan pupuk organik.

ii. Siapkan pupuk organik cair yang mau digunakan untuk pemupukan tanaman.

FOTO : Menyiapkan pupuk organik cair yang mau digunakan untuk pemupukan tumbuhan
FOTO : Menyiapkan pupuk organik cair yang mau digunakan untuk pemupukan tumbuhan

iii. Tambahkan air pada pupuk organik cair, untuk perbandingan disesuaikan, apabila encer perbandingan 1:3, yaitu 1 untuk pupuk organik cair 3 untuk penambahan air bersih. Apabila kental pupuk organik cair bisa di tambahkan air hingga per seratus dari banyaknya pupuk organik cair.

FOTO : Penambahan air pada pupuk organik cair
 FOTO : Penambahan air pada pupuk organik cair 

iv. Selanjutnya pupuk organik cair sudah bisa di gunakan untuk pemupukan tanaman dengan menggunakan sprayer atau alat semprot, bisa juga dengan menyiramkannya ke akar tanaman atau sekitar batang tanaman. 

FOTO : Penyiraman bunga dengan pupuk organik cair
 FOTO : Penyiraman bunga dengan pupuk organik cair

Untuk merangsang pertumbuhan daun, pupuk organik cair bisa disemprotkan pada tanaman yang baru bertunas. 

Untuk menghasilkan buah, biji atau umbi, pupuk disemprotkan saat perubahan fase tanaman dari vegetatif ke generatif. Bisa disemprotkan langsung pada bunga ataupun pada batang, daun atau disiramkan pada akar tanaman. 

Setiap penyemprotan hendaknya dilakukan dengan interval waktu satu minggu jika musim kering atau 3 hari sekali pada musim hujan. Namun dosis ini harus disesuaikan lagi dengan jenis tanaman yang akan disemprot.

Foto - foto di atas adalah dokumen pribadi, jepretan admin

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

18 komentar

tanaman hidroponik bisa pakai pupuk ini ?

Balas

menurut yang saya baca sih bisa mas, atapi saya belum perah menanam tanaman dengan cara hidroponik

Balas

telaten amat Maaang
kalo saya kasih pupuk, yang penting ada cemindhil wedus, saya kasih di tanaman, gitu ajah

Balas

hidro itu air
ponik itu telepon
jadi telepon di air.
koq pake pupuk?

Balas

menambah ilmu nih mas. soalnya saya belum tahu yang seperti ini. cocok buat belajar menanam.

Balas

rajin nanam rupanya

Balas

Pupuk emang penting buat tumbuhan

Balas

makasih mang yono tipsnya, di kau selalu top markotop mang...

Balas

pupuk organik cair beda iya mang sama pupuk embio?

Balas

Hahhaa iya juga mas ....

Tapi menurut buku yang pernah saya baca Hidroponik itu berasal dari bahasa latin
hydro = air
ponos = kerja
Air suruh kerja ... Hehehe
Yaitu metode bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah, melainkan dengan menggunakan larutan mineral bernutrisi atau bahan lainnya yang mengandung unsur hara ....

Balas

Ini karena di jakarta aja Mas... kalau di Jakarta khan sampah daun atau buah - buahan yang agak banyak kalau dibuang kita harus menambah ongkos buang ... Nah daripada dibuang tambah ongkos 50 Ribu, mending di buat pupuk aja... Kalau di Jakarta cemindhil wedus itu susah mas hehehe

Balas

silahkan dicatet atau dipraktekan, siapa tau ada penemuan yang lebih dari kekurangan yang saya uji coba ini hehehe

Balas

Sedang belajar Mas, sekalian membantu program dinas kebersihan Jakarta Barat hehehe

Balas

Iya mas, khan pupuk itu makanan tumbuhan... kalau dikasih makan yang cukup pasti tumbuh subur tanamannya ...kalau gak dipupuk jadi diet tuh tanamannya ... Hehehe

Balas

Silahkan di coba mbak pemupukan tanaman dengan pupuk organik cairnya... Maca cih ?.... Hehehe

Balas

Setau sayah sih pupuk Embio itu biang untuk pembuatan pupuk organik cair... la saya juga membuat pupuk organik ini pakai pupuk embio yang dicampur dengan gula pasir

Balas

blog yang bermanfaat untuk yg Hobby bertyani..

Balas

mohon pencerahannya pak, apa akibat apabila penggunaan POC berlebihan (dampak terhadap pertumbuhan tanaman).. trims

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger