Duuh. Harga Rambutan di tingkat petani cuma Rp 3.000

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – SUBANG 1/3/2015. Panen raya buah rambutan di wilayah Subang kurang menggembirakan bagi para petani Rambutan. Hal ini disebabkan harga jual Rambutan baik eceran maupun borong dipohon atau sistem tebas dipohon cukup rendah. Baca Panen Raya Buah Rambutan Di Kabupaten Subang, Jawa Barat Indonesia.

Beberapa petani Rambutan di wilayah Subang, khususnya di Kecamatan Pagaden Barat, pada panen raya saat ini harga jual dari pohon hanya berkisar Rp 3.000 per Gedeng ( dua ikat ).  

Karena itu, kebanyakan petani lebih suka menjual Rambutan dengan sistem tebas di pohon, daripada harus memetik sendiri. Seperti mertua saya menjual buah rambutan dengan sisitem tebas dipohon atau borongan dipohon pada 2 dua bulan yang lalu, sebelum harganya anjlok. Kalau memetik sendiri rugi, harga Rp 3.000 per gedeng itu tidak sebanding dengan tenaga untuk memetik di pohon. Kalau sistim tebas dipohon, pohon rambutan yang besar dihargai Rp. 600.000 dan yang kecil dihargai Rp. 400.000. Mertua saya aja menjual 10 pohon dihargai 5 Juta, dengan sistem tebas dipohon.

Duuh. Harga Rambutan di tingkat petani cuma Rp 3.000
Duuh. Harga Rambutan di tingkat petani cuma Rp 3.000

Para pedagang musiman yang menjual buah rambutan di Kabupaten Subang akhir-akhir ini semakin marak di mana - mana.

Penjual buah rambutan tak hanya ditemui di pasar-pasar di daerah Subang. Tapi marak bermunculan di sejumlah ruas jalan, mulai pusat kota hingga ke beberapa daerah sentra penghasil rambutan.

Saat dijual Buah rambutan mertua saya dengan sistim tebas, kondisi buah rambutannya masih segini
 Saat dijual Buah rambutan mertua saya dengan sistim tebas, kondisi buah rambutannya masih segini

Sementara itu dengan semakin banyaknya buah rambutan yang dipanen maupun pedagang berpengaruh besar terhadap harga jual kepada konsumen. Meski harga jualnya bervariasi apabila dibandingkan dengan awal musim panen harga jualnya menurun drastis.

Sebab ketika awal musim panen harga jual rambutan kualitas sedang sekitar Rp 15.000 per gedeng, saat ini sudah mencapai harga Rp 7.500 - Rp 8.000 per gedeng. Bahkan bisa lebih murah dari itu itu ditingkat pedagang loh, apalagi ditingkat petani, harganya berkisaran Rp 3.000 – Rp 5.000.

Kebun rambutan mertua di blok Tegalsungsang.
Kebun rambutan mertua di blok Tegalsungsang.

Selain kualitas buah yang dipilih, harga juga dipengaruhi oleh kesegaran buah rambutan. Biasanya rambutan yang baru dipanen dan gak jauh dari lokasi pemanenan, harganya lebih mahal dibanding yang sudah lama atau sudah agak layu – layu.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar