logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara mencangkok bunga mawar

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Banyak cara yang kita bisa lakukan untuk memperbanyaknya bunga Mawar seperti Menyetek atau Stek, Mencangkok, Menempel atau Okulasi, Menyambung atau Kopulasi atau Enten, Merunduk dan semai dari biji, Kalau Menyetek atau Stek silahkan baca di postingan saya yang berjudul

Nah, Kali ini saya akan menulis tentang memperbanyak tanaman bunga Mawar dengan Mencangkok. Mencangkok adalah proses menumnbuhkan akar dari batang tanaman yang berada di atas tanah agar dapat ditanam menjadi tanaman baru. Proses inilah yang paling sering dilakukan khususnya untuk tanaman berkayu atau pun tanaman buah sehingga proses pembuahan bisa terjadi dengan cepat dan hasilnya seperti induknya banyak dan besar. Proses mencangkok hanya dapat dilakukan pada jenis tumbuhan yang berkambium atau tumbuhan dikotil. Termasuk juga pohon bunga mawar.

Cara mencangkok bunga mawar
 Cara mencangkok bunga mawar

Nah, langkah-langkah mencangkok pohon bunga mawar, hampir sama dengan mencangkok tanaman atau pohon lain, asalkan tanaman tersebut mempunyai kambium dan berkayu.

Berikut ini cara mencangkok pohon bunga mawar:
1. Pertama, pastikan bahwa induk semang tanaman adalah dari varietas unggul, bunganya bagus agar hasilnya nanti adalah bibit unggul juga, khan cangkokan ini hasilnya seperti indukan.

2. Tentukan cabang yg lurus dan cukup besar agar nanti pohon cukup kuat utk mandiri.

3. Selanjutnya, kerat pangkal cabang menggunakan pisau. Kerat sekali lagi dari keratan pertama berjarak sekitar satu kepalan tangan atau 5 cm.

4. Buang kulit antara keratan tadi.

5. Setelah kulit kayu bersih, kerok lendir/kambium sampai bersih dan kayu tidak licin lagi. Ingat, pembersihan kambium dilakukan dari arah bawah ke atas, jangan terbali ya...

6. Ambil serabut kelapa atau plastik secukupnya ( kalau saya lebih suka menggunakan plastik, karena plastik itu transparan, biar bisa memantau pertumbuhan akar tanpa membuka pembungkusny ) ikat bagian bawah dulu ts terus tengah.

7. Bentuk sedemikian rupa sehingga membentuk penampung, isi dengan campuran tanah yg sudah dipersiapkan. Isian harus cukup padat dengan cara ditekan-tekan.

8. Ikat bagian atas serabut atau plastik dan pastikan campuran tanah tertutup rapat.

9. Buat lubang-lubang utk pembuangan air berjarak 1 cm antar lubangnya (jika medianya adalah plastik).

10. Siram air sampai air menetes dari cangkokan.

Tunggulah sekitar 4-6 minggu sebelum cangkokan siap dipisahkan dari induknya. Ingat selalu utk menyirami cangkokan setiap pagi dan sore hari. Utk memastikan bahwa tanaman yg dicangkok sudah jadi, check apakah sudah keluar akar yg cukup banyak, biasanya sampai menembuas plastik atau serabut pembungkus.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

10 komentar

aku selalu gagal mencangkok mawar...aku salah dalam ilmu pengcangkokan :)

Balas

Sekali dua kali gagal itu da bisa mbak, terus mencob dan mencoba

Balas

jadi inget dulu pas SD pernah mencangkok pohon jambu,hehe alhamdulillah bisa juga mas.hehe nanti saya coba mencangkok bunga mawar deh siapa tau masih bisa :D

Balas

luluh hatiku jika lihat bunga mawar mang..

Balas

Ohh saya kira kalau melihat caping saya ... hehehe

Balas

Sambil bernostalgia silahkan di praktekan atuh cara mencangkoknya hehehe

Balas

terimakasih mang, walaupun malam tengah gini, karena suguhannya mencangkok bunga mawar,saya bela-belain mencangkok bunga mawar di halaman rumah saya ini mang...kalau di besokin suka lupa sih...:p

Balas

sinih deket..sinih..deket-deket...kesayah..sinih...biar hatimu tak belai supaya tidak luluh

Balas

Bisa untuk referensi tes praktek mencangkok di sekolah saya mang. terima kasih infonya

Balas

Mo nanya ni, mohon di share pngalamannya, pohon indukkannya gak hrs di teduhkan biar gak kena hjn gt? Tanah cangkokannya klo bsh apa tdk membuat busuk batangnya ya?

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger