Cara mencangkok bunga mawar

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Banyak cara yang kita bisa lakukan untuk memperbanyaknya bunga Mawar seperti Menyetek atau Stek, Mencangkok, Menempel atau Okulasi, Menyambung atau Kopulasi atau Enten, Merunduk dan semai dari biji, Kalau Menyetek atau Stek silahkan baca di postingan saya yang berjudul

Nah, Kali ini saya akan menulis tentang memperbanyak tanaman bunga Mawar dengan Mencangkok. Mencangkok adalah proses menumnbuhkan akar dari batang tanaman yang berada di atas tanah agar dapat ditanam menjadi tanaman baru. Proses inilah yang paling sering dilakukan khususnya untuk tanaman berkayu atau pun tanaman buah sehingga proses pembuahan bisa terjadi dengan cepat dan hasilnya seperti induknya banyak dan besar. Proses mencangkok hanya dapat dilakukan pada jenis tumbuhan yang berkambium atau tumbuhan dikotil. Termasuk juga pohon bunga mawar.

Cara mencangkok bunga mawar
 Cara mencangkok bunga mawar

Nah, langkah-langkah mencangkok pohon bunga mawar, hampir sama dengan mencangkok tanaman atau pohon lain, asalkan tanaman tersebut mempunyai kambium dan berkayu.

Berikut ini cara mencangkok pohon bunga mawar:
1. Pertama, pastikan bahwa induk semang tanaman adalah dari varietas unggul, bunganya bagus agar hasilnya nanti adalah bibit unggul juga, khan cangkokan ini hasilnya seperti indukan.

2. Tentukan cabang yg lurus dan cukup besar agar nanti pohon cukup kuat utk mandiri.

3. Selanjutnya, kerat pangkal cabang menggunakan pisau. Kerat sekali lagi dari keratan pertama berjarak sekitar satu kepalan tangan atau 5 cm.

4. Buang kulit antara keratan tadi.

5. Setelah kulit kayu bersih, kerok lendir/kambium sampai bersih dan kayu tidak licin lagi. Ingat, pembersihan kambium dilakukan dari arah bawah ke atas, jangan terbali ya...

6. Ambil serabut kelapa atau plastik secukupnya ( kalau saya lebih suka menggunakan plastik, karena plastik itu transparan, biar bisa memantau pertumbuhan akar tanpa membuka pembungkusny ) ikat bagian bawah dulu ts terus tengah.

7. Bentuk sedemikian rupa sehingga membentuk penampung, isi dengan campuran tanah yg sudah dipersiapkan. Isian harus cukup padat dengan cara ditekan-tekan.

8. Ikat bagian atas serabut atau plastik dan pastikan campuran tanah tertutup rapat.

9. Buat lubang-lubang utk pembuangan air berjarak 1 cm antar lubangnya (jika medianya adalah plastik).

10. Siram air sampai air menetes dari cangkokan.

Tunggulah sekitar 4-6 minggu sebelum cangkokan siap dipisahkan dari induknya. Ingat selalu utk menyirami cangkokan setiap pagi dan sore hari. Utk memastikan bahwa tanaman yg dicangkok sudah jadi, check apakah sudah keluar akar yg cukup banyak, biasanya sampai menembuas plastik atau serabut pembungkus.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar