logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Lalapan daun Kemangi bisa menghangatkan badan dan smriwing

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Di Jawa Barat, daun kemangi (disebut surawung bahasa sunda ) dimakan sebagai lalapan dan digunakan dalam beragam masakan Sunda yang lezat seperti ulukutek oncom campur leunca ( tumis leunca ), pais lauk (pepes ikan), dan karedok. Baca Tumbuhan yang bisa dijadikan lalapan mentah

Di Jawa Timur, daun kemangi biasa disajikan dengan nasi krawu, botok, trancam (urap), pencek tempe, dan ikan bumbu pesmol....  Tapi saya belum pernah makan masakan ini hihihi.

Di Jakarta, kemangi biasanya digunakan dalam sajian laksa dan nasi ulam.... Nah. kalau ini saya sudah mencicipinya ... Hehehe.

 Lalapan daun Kemangi bisa menghangatkan badan dan smriwing.
 Lalapan daun Kemangi bisa menghangatkan badan dan smriwing. Foto anak saya " Gigin " sedang nyoel  sambel goang pakai lalap kemangi .

Di manca negara Kemangi juga ditemukan :
Di Thailand (disebut manglok), kemangi digunakan sebagai bumbu masak.

Di India (disebut holy basil atau tulsi), daun kemangi diseduh menjadi teh, Teh kemangi disajikan pada saat pergantian musim, saat masyarakat setempat mudah terserang batuk, pilek, atau demam.
Ngundeur / metik daun Kemangi i halaman belakang rumah admin.
 Ngundeur / metik daun Kemangi i halaman belakang rumah admin.

Di Eropa, daun kemangi disuling dan diambil minyak atsirinya. Minyak atsiri kemangi banyak digunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan obat, sabun mandi, biang parfum, lotion, minyak gosok, permen pelega tenggorokan, dan minyak terapi aroma.

FOTO : Makan dengan lalapan Kemangi ...
 FOTO : Makan dengan lalapan Kemangi ...

Nah, kalau saya biasanya daun kemangi ini bersama pohon mudanya di jadikan lalapan, dan di coelkan ke sambal trasi dengan bahan: Cabe merah besar, cabe rawit merah, trasi sesuai selera, bawang merah, atau sambel goang. Sambel goang yaitu, sambel gak pakai terasi / oncom / kemiri / kacang tanah.... Seuhah .... Hehehe

Baca : Manfaat Kemangi / surawung bagi kesehatan 


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Dulu saya rada aneh dengan bau kemangi, maklum sepanjang sy tinggal dikampung halaman ga pernah makan daun kemanggi. Nah ketika sy tinggal di Palangkaraya, rada jengkel sm penjual lalapan yang masukin daun kemanggi sebagai lalapan. Tapi entahlah..lama-lama sy jadi suka juga sampai sekarang hehee dicocol dengan sambal memang uenakk tenan hehee

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger