Manfaat Kemangi / surawung bagi kesehatan

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki tanah subur dengan jenis tanaman yang bervariatif... Tanah kita – tanah surga, tongkat dan batu pun jadi tanaman ... heheeh.

Salah satu tanaman yang tumbuh subur di indonesia adalah kemangi atau istilah sundanya Surawung. Daun kemangi selain menjadi salah satu pelengkap dalam beberapa sajian masakan tradisional indonesia dengan bau yang khas, daun kemangi juga merupakan obat herbal yang berkhasiat untuk beberapa jenis penyakit. Ini menurut yang saya baca loh ...

Manfaat Kemangi / surawung bagi kesehatan
 Manfaat Kemangi / surawung bagi kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan :

Demam & Meriang
Katanya daun kemangi bermanfaat untuk meredakan demam. Daun kemangi juga dapat membantu mencegah demam berdarah dan malaria. Pada kasus demam yang tinggi, anda bisa menggunakan daun kemangi dengan bubuk kapulaga direbus bersama setengah liter air, terus anda bisa mencampurkannya dengan gula atau susu.

Sakit Tenggorokan
Kalu untuk mengobati sakit tenggorokan katanya, kita cukup merebus daun kemangi dan airnya digunakan obat kumur, sebanyak dua kali sehari.

Stres
Menurut yang saya baca daun Kemangi memiliki 'adaptogen' atau anti-stres. Penelitian menunjukkan bahwa daun kemangi  mampu memberikan perlindungan yang signifikan terhadap stres. Apabila kita ingin mencegah stres dalam beberapa pekerjaan yang sedang dihadapi, kita bisa mengkonsumsi 15 daun kemangi, dengan cara mengkonsumsi dua kali sehari untuk mencegah stres.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar