logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara pembukaan sungkup stek / grafting kamboja

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -  Ini merupakan tulisan lanjutan dari cara stek sambung kamboja yang saya praktekan di tanggal 30 Mei 2015, berarti sekarang tanggal 19 Juni 2015 sudah hampir 3 Minggu ya.  Saatnya sungkup plastik stek sambung kamboja di buka, karena katanya kalau sudah 3 minggu sambungan entres bawah dan atas sudah menyatu.... Baca Cara stek sambung kamboja dengan warna bunga berbeda

Terus bagaimana mang kalau gagal ?. Menurut saya sih, wajar ... diawal gagal, terus cobalagi ... Jangan menyerah.... Kamu pasti bisa... Heheheh.

Di foto bawah terlihat ya entres bagian atas dan bagian bawah sudah mulai menyatu / melekat, ini berarti sambungan yang saya lakukan ini kemungkinan besar akan berhasil... Tapi saya belum berani membuka ikatan sambungan entres, rencana saya sih nanti dibukanya kalau daun – daun kamboja tersebut kelihatan ada pertumbuhan, baru saya akan membuka ikatan tersebut ... Okeeey... Baca Setelah 3 Minggu Penyambungan bunga Adenium

Cara pembukaan sungkup stek / grafting kamboja
 FOTO 1 : Sungkup plastik ini yang saya akan buka. Sungkup dibuka tujuannya agar daun - daun pada entres atas supaya tumbuh.

Tehnik yang saya gunakan untuk penyambungan sudah saya tulis juga di artikel sebelumnya, yaitu menggunakan tehnik Grafting V karena lebih gampang dan mudah dipraktekan, tehnik Grafiting V adalah cara yang paling aman, karena bidang perekatan antara batang atas dan batang bawah cukup besar, dan kedua batang dengan mudah dapat menyatu dan tidak mudah lepas. 

FOTO 2 : pembukaan sungkup plastik
FOTO 2 : Pembukaan sungkup plastik. Setelah dibuka plastik sungkup stek/grafting terlihat daun masih kelihatan segar, padahal sudah 3 minggu loh... Berarti ini menandakan stek sambungan kamboja saya ini kemungkinan besar berhasil ...


FOTO 3 : Setelah sungkup plastik dibuka
FOTO 3 : Setelah sungkup plastik dibuka, terlihat stek sambung antara batang bawah dan entres atas kamboja sudah menyatu, tapi saya belum membukanya. Rencana saya nanti kalau daunnya ada perkembangan baru saya buka ikatan tersebut.

Warna yang saya padukan di pohon kamboja ini yaitu warna bunga berwarna kuning dan kamboja berwarna bunga putih, jenis daunnya pun berbeda, tapi itu gak masalah asalkan getah dari pohon kamboja tersebut sama.... Paham ?.... Hehehe

Baca juga : 
Cara menyambung tanaman bunga Adenium


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 komentar

kalau buka bungkus stek biasanya banyak gagalnya mas. makanya kadang kalau nyetek bungkusnya saya buka pada bagian tengahnya aja dengan pisau...tapi dibiarkan masih menempel. sampai stek udah kuat. namun kata kawan itu lama besarnya....takut gagal aja mas. heeee

Balas

aman pertamax ane gan. ambil hadiahnya dulu buat sahur. heeee

Balas

yesss...aku punya bunga kamboja dirumah...bisa nih dicoba ya mang :)

Balas

hadiahnya saya ambil duluan ya mang...kan saya lebih deket ke rumah mang yanto

Balas

saya ngga punya bu...gimana, coba?

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger