logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Sawah di 8 Desa di Pagaden Barat terancam kekeringan, gagal panen

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -   MEMASUKI musim kemarau, sejumlah daerah mulai siaga kekeringan. Pasokan air untuk areal persawahan pun sudah mulai diperoleh karena debit air terus berkurang.

Seperti yang terjadi di Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat, sekitar 1.000 hektare sawah di 8 desa terancam gagal panen karena kekeringan. Ini dikarenakan tidak adanya pasokan air , yang menyebabkan tanah persawahan mulai NELA alias retak-retak. Tanaman padi pun mengering dan gak sedikit yang mati....

Sawah di 7 Desa di Pagaden Barat terancam kekeringan
Sawah di 8 Desa di Pagaden Barat terancam kekeringan. Foto jepretan admin di Ds. Munjul, Pagaden Barat, Subang

Penyebab kekeringan selain tidak ada hujan, juga karena tidak mengalirnya air dari Bendungan Cinangka yang jebol beberapa waktu lalu. Sampai sekarang bendungan tersebut belum kunjung diperbaiki... Kata kabar BURUNG mah, katanya mau dibikin baru itu bendungannya... Ya, terserah pemerintah aja, mau dibikin baru atau diperbaiki yang ada... Yang diinginkan para petani bukan janji dan kabar BURUNG... tapi air brayyy... Baca Situ / danau Cijambe, Kukulu airnya mengering

“Pasokan air sudah tidak ada sehingga menyebabkan tanaman padi terancam puso, atau kekeringan, dan seanjutnya mati," kata Nurja, petani di Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, (Mertua admin ... Hehehe).

Menurut pantauan admin area yang dilanda kekeringan itu tersebar di delapan desa, di antaranya Desa Gambarsari, Sumbersari, Margaluyu, Munjul, Bendungan, Pangsor, dan Cidadap.


Baca juga : 
Karena kesulitan Air Petani Munjul, Pagaden Barat Gagal Panen. 
Bendungan Leuwi Nangka, Dangdeur, Kab. Subang  
Masih menunggu perbaikan Bendungan Leuwi Nangka yang jebol 
Petani Pagaden Barat sudah mulai konflik akibat berebut air
Sawah di empat Desa di Pagaden Barat dilarang Nyawah

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

10 komentar

Kata seorang aktivis HTI, sawah-sawah di Subang mendapat pasokan air yang melimpah dari Jatiluhur, ini kok kekeringan. Pemerintah malah sibuk-sibuknya ingin menggenangi Jatigede meski dengan studi kelayakan abal-aal yang katanya dilakukan Perancis padahal areanya sangat rawan (aneh, seolah Perancis terkesan negara bodoh), belum lagi Katulampa mulai nyaris kekeringan...

Ah, kumaha iyeu teh...

Balas

Untuk daerah Kalijati bagaimana ya, khususnya di Desa Tanggulun Timur Barat dan Tanggulun Timur??

Balas

mari segera kita bersatu padu untuk memohon doa kepada-Nya agar di turunkan hujan seharian deh untukke 8 wilayah Pagaden Barat yang udah mulai kekeringan ini teh yu

Balas

Wah ternyata sama ya Mang..? di daerah saya Subang Pantura juga terancam kekeringan yang saya takutkan akan berdampak gagal Panen di musim katiga.. gimana upaya nya ya Mang..? ,@@

Balas

Saya juga kurang mengerti biasanya di Kota subang Dst nya tiap tahunya gak kekurangan air eeeh tahun ini mah malah begini,, siapa yang kudu di salahkan coba...?

Balas

Yu Mang Lembu kita sama sama Berdoa agar kelestarian para Petani subur, baik se Kota subang atau pun di Kota Sumedang dan kota kota atau daerah lainya se Indonesia :-bd

Balas

Iya, 2 tahun ini daerah saya juga sangat kesulitan air, ini diakibatkan jebolnya tanggul Cinangka di Kelurahan Dangdeur pada tahun 2013 yang belum ada tindakan mau diperbaiki atau mau bikin baru ditambah lagi penyempitan dan endapan lumpur di sungai yang belum di keruk ..... apa mungkin di hulu sungainya / waduk Jatiluhurnya sudah sangat kurang persediaan air...

Balas

Kalau daerah kalijati sepertinya masih cukup air, daerah 8 desa ini diakibatkan jebolnya tanggul tahun 2013 di Kelurahan Dangdeur yang belum kunjung diperbaiki

Balas

Mari kang... Semoga saja dengan berdoa kepada-Nya agar turun hujan dan para pemerintah sadar dan akhirnya sigap untuk memperbaiki tanggul yang jebol..

Balas

Kalau pantura diairi sungai mana ya kang... apa mungkin sungainya sama... ya mungkin di hulunya harus dilestarikan kembali kang... agar musim kemarau gak kekeringan, musim hujan gak kebanjiran...

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger