logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Masih menunggu perbaikan Bendungan Leuwi Nangka, Dangdeur, Subang yang jebol

Sampurasun … Rampes… 

Pascajebol duatahun yang lalu, Bendungan Leuwi Nangka, di Dangdeur, Kec. Subang, Kab. Subang, Jawa Barat (Jabar), saat ini masih diperbaiki, sebelumnya Blog Mang Yono pernah menulis juga tentang Bendungan Leuwi Nangka yang jebol ini.


Padahal, Bendungan Leuwi Nangka tersebut sangat penting. Mengingat, ada 4.835 hektare sawah yang mengandalkan pengairan dari bendung tersebut termasuk sawah saya juga memerlukan pengairan dari Bendungan Leuwi Nangka ini

Masih menunggu perbaikan bendungan leuwi nangka dangdeur, Subang yang jebol
Saung tempat merenung saya
Sawah - sawah pada kering, seperti terlihat pada poto saya yang diatas, itu sawah saya yang tidak melakukan penanaman padi, karena air yang sulit. Maklum saya tidak mempunyai pompa untuk menyedot air, kalau sewa dari awal penanaman nanti malah merugi ... Betul .... Tidak?.

Tapi ada juga ding sawah saya yang menggunakan pengairan bukan dari Bendungan Leuwi Nangka dan sekarang sudah melakukan semai benih, sawah saya yang ini bisa melakukan tanam padi 3 kali dalam setahun, airnya lancar jaya sampai musim kemarau saja tetap airnya melimpah. Dan sekarang sudah melakukan penyemaian benih di pawinian/perbenihan, seperti pada poto di bawah ini terlihat khan airnya melimpah. Alhamdulillah saya masih bisa tanam padi dan bisa makan hehehe.




Dengan masih belum berpungsinya Bendungan Leuwi Nangka itu, ribuan hektare sawah itu tidak melakukan tanam padi pada saat ini, tapi yang memaksakan untuk menanam padi juga banyak, yang memaksakan itu melakukan pengairan sawahnya dengan bantuan pompa air.

Waktu tahun 2013 pernah menggunakan tanggul sementara dari beronjong – beronjong, tapi namanya juga sementara giliran debit air naik tanggul bronjong tersebut jebol lagi .
 
Kabid Sumber Daya Dinas Pertanian pada dua tahun yang lalu telah mengusulkan perbaikan
Bendungan Leuwi Nangka tersebut ke instansi terkait. Dan perbaikannya baru dilaksanakan pada 2014 ini.
 
Menurut kabar burung perbaikannya akan selesai pada bulan  Juni, nah untuk bulan juni ini tidak tahu bulan juni tahun berapa bisa juga bulan juni tahun 2014, 2015 atau bahkan tahun 2016 hehehe.


Sawah yang terancam kekeringan karena jebolnya Bendung Leuwi Nangka ini, tersebar di Kecamatan Pagaden, Pagaden Barat serta Cipunagara.

Tiga kecamatan itu, merupakan daerah unggulan penghasil padi. Namun, bila kondisi infrstuktur pertaniannya seperti itu, tahun ini produktivitas pertanian akan menurun.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

30 komentar

Semoga cepet selesai perbaikannya, agar menjadi manfaat bagi banyak orang....

Balas

Semoga cepat terselesaikan ya Mang..

Balas

di tempat mang Yono udah musim kemarau ya..??

semoga cepet kelar ae pembangunan bendungane kang, sehingga para petani bisa menanam padi tanpa refot soal pengairan.. :D

Balas

bahaya ni mas kalau tidak cepat diperbaiki... semoga cepat diperbaiki ya mas

Balas

iya kang mudah - mudahan ya biar saya bisa nyawah lagi heheeh

Balas

iya mas boku, biar saya punya beras lagi ya hehehe

Balas

iya mas, kadang kemarau kadang hujan tak menentu, kadang juga mendung tak berarti hujan hehehe

Balas

iya mas bahaya nih bisa kekurangan beras hehehe

Balas

wah template baru nih kang :D

harus segera diperbaiki nih bendungannya, karena membuat para petani kesulitan mencari air,,,

Balas

semoga cepat selesai bendungannya ya Mang

Balas

nama bendungan nya asyik banget dah , ,xixixixix

Balas

Semoga perbaikan bendunganya cepat terrealisasi yah Mang Yono
Wah seragam templatenya baru lagi Mang Yono? saya baru tahu nih =D

Balas

Di tempat Mang Yono mulai turun nyawah lagi ya Mang, ? semoga
Panen tahun ini lebih baik dari tahun kemarin amin

Balas

Padinya sangat subur Mang, mnyenangkan liatnya...

Balas

semoga perbaikan bendungan Leuwi Nangka lekas selesai mang, sehingga dapar mengaliri kembali sawah sawah para petani di sekitarnya

Balas

padahal bendungan itu penting buat pengairan, kalau tidak lekas diperbaiki kasihan para petani.

Balas

kok bisa dibiarin lama gitu yah mang pembetulannya.. padahalkan penting banget itu, haduuhh
semoga segera diproses deh mang ya perbaikannya..

Balas

hijau bener tuh sawah.. semoga cepet selesai perbaikannya

Balas

semoga cepat selesai yia bos perbaikan Bendungan Leuwi Nangka yang jebol...

Balas

semoga aja perbaikan nya cepat selesai ya master. Good job master ;)

Balas

semoga bendungannya segera selesai perbaikannya....ditempat saya sekarang juga musim tandur bang...dan alhamdulillah sejauh ini aman2 saja...semoga tandur tahun ini bisa sukses besar... :)

Balas

Hanya bisa berdoa

Semoga...

Bendungan cepat kembali baik seperti semua
memberi minum padi-padi milik warga..

Balas

semoga bendungannya segera selesai, kasian 4 800an hektar yang merindukan kestabilan pengairannya.

Balas

semoga pembangunannya cepat terealisasi Kang :)

Balas

ikut mendoakan semoga bendungan cepat diperbaiki

Balas

Semoga sukses mang, berkarya dalam taraf hidup orang banyak :)\
Its a Farmer. Like me and my father.
Salam kenal.

Balas

berarti jebolnya bendungan lebih gawat ketimbang jebol keperawanan ya, mang? :D

Balas

menunggu memang pekerjaan yang membosankan ya master, semoga cepat selesai pembangunan nya ;)

Balas

Bulan juninya nggak jelas ya mang..
Parahnya klo hanya janji, semoga benar direalisasikan

Balas

semoga bendunganya cepet selesai perbaikanya ya mang.. soanya banyak banget sawah yang membutuhkan air.. hampir 5000 sawah.... hmmmm :)

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger