logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Padi Sawah IR - 42 (1980) jenis padi pera

Sampurasun ... Rampes

MANGYONO.com – Padi Sawah IR - 42 (1980)

Padi jenis IR 42 merupakan varietas berumur sedang yaitu umur penanaman sampai panen 135-145 hari padi jenis ini sudah 36 tahunan lebih yaitu padi yang dilepas pada tahun 1980. Padi jenis ini baik ditanam di lahan sawah irigasi, pasang surut dan rawa... jadi senengnya tempat yang berair... hehehe.

Padi IR 42 ini hasil persilangan dari padi IR2042/CR94-13, bentuk tanaman tegak, tinggi tanaman padi ini sekitar 100 cm,   Warna gabah Kuning bersih, ujung gabah sewarna.

Padi Sawah IR - 42 (1980) jenis padi pera

Jenis Varietas IR 42 memiliki ketahanan terhadap Hama dan Penyakit, seperti wereng coklat biotipe 1 dan 2, virus tungro dan kerdil rumput, toleran terhadap tanah masam. Tapi tidak tahan terhadap wereng coklat biotipe 3 dan hawar pelepah daun.

Padi IR - 42 Tinggi tanaman sekitar 1 Meteran
Padi IR - 42 Tinggi tanaman sekitar 1 Meteran

Bulir Padi IR - 42 agak lonjong alias tidak bulat.
Bulir Padi IR - 42 agak lonjong alias tidak bulat.

Nah,  beras IR 42 bentuknya tidak bulat, mirip dengan IR 64 namun ukurannya lebih kecil. Beras ini jika dimasak nasinya tidak pulen, namun pera sehingga cocok untuk keperluan khusus seperti untuk nasi goreng, nasi uduk, ketupat dan lain sebagainya. Biasanya harganya relatif lebih mahal daripada IR 64 karena beras ini jarang ditanam oleh petani.... karena umur padinya itu loh 135-145 hari.
Beras IR 42 bentuknya tidak bulat, mirip dengan IR 64.
Beras IR 42 bentuknya tidak bulat, mirip dengan IR 64. 

Biasanya Orang Minang lebih menyukai rasa nasi yang agak berderai / pera. Makanya orang Minang lebih suka pada beras IR-42.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger