logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Sungai Ciasem dusun Gardu, Bendungan, Pagaden Barat menjadi parit.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Sungai Ciasem dusun Gardu, Bendungan, Pagaden  Barat menjadi parit.

Sekilas bila dilihat dari atas jembatan sungai ini tampak seperti galian parit kecil. Namun jika dari asal usul sejarahnya, Sungai Ciasem dusun  Gardu di desa Bendungan, Kecamatan Pagaden barat, Subang, Jawa barat ini bukanlah sebuah parit kecil melainkan sebuah sungai besar namun perlahan terus mengering dan mengendap jadi daratan.

FOTO : Dilihat dari atas jembatan sungai ini tampak seperti galian parit kecil.
FOTO : Dilihat dari atas jembatan ( sasak serong, Bendungan Macan) sungai ini tampak seperti galian parit kecil. Padahal dulu waktu admin masih sekolah suka mandi di sungai ini dengan terjun dari atas jembatan macan sambil bawa sarung yang digelembungkan ( babalonan pake sarung ) yang tingginya sekitar 8 meter dari permukaan air... Nah endapan ini dulunya dalem banget sekitar 2 Meteran lebih.


Luas dan dalam sungai ini dulunya lebih kurang lebarnya 10 Meter dan dalamnya 2 meter lebih. Masyarakat sering mengais rejeki dengan memancing, menjala ikan karena di tempat itu kaya ikan, atau bila surut masyarakat terutama ibu - bu suka mengambil remis, kijing disungai. Selain itu peranannya sebagai pengairan sawah... Airnya menuju pesawahan.

Sungai Ciasem dusun Gardu ini makin kecil aja... 
dulu mah sekitar 10 MMeteran
...

Sampai saat ini masyarakat berharap agar Sungai Ciasem, Dusun Gardu bisa dinormalisasi kembali. Airnya yang terus mengering menimbulkan kekhawatiran


Ini sungai lebarnya sekitar 3 Meteran tadinya sekitar 10Meteran
Ini sungai lebarnya sekitar 3 Meteran tadinya sekitar 10 Meteran

Admin berharap kepada Dinas Pekerjaan Umum untuk melebarkan sungai dengan alat berat. Harapannya, sungai akan kembali seperti sediakala. 


 Pemandangan berbeda tampak bila dibandingkan lebih kurang 20 tahun lalu. Saat itu sungai masih bersih dan luas.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger