--> Skip to main content

Sungai Ciasem dusun Gardu, Bendungan, Pagaden Barat menjadi parit.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Sungai Ciasem dusun Gardu, Bendungan, Pagaden  Barat menjadi parit.

Sekilas bila dilihat dari atas jembatan sungai ini tampak seperti galian parit kecil. Namun jika dari asal usul sejarahnya, Sungai Ciasem dusun  Gardu di desa Bendungan, Kecamatan Pagaden barat, Subang, Jawa barat ini bukanlah sebuah parit kecil melainkan sebuah sungai besar namun perlahan terus mengering dan mengendap jadi daratan.

FOTO : Dilihat dari atas jembatan sungai ini tampak seperti galian parit kecil.
FOTO : Dilihat dari atas jembatan ( sasak serong, Bendungan Macan) sungai ini tampak seperti galian parit kecil. Padahal dulu waktu admin masih sekolah suka mandi di sungai ini dengan terjun dari atas jembatan macan sambil bawa sarung yang digelembungkan ( babalonan pake sarung ) yang tingginya sekitar 8 meter dari permukaan air... Nah endapan ini dulunya dalem banget sekitar 2 Meteran lebih.


Luas dan dalam sungai ini dulunya lebih kurang lebarnya 10 Meter dan dalamnya 2 meter lebih. Masyarakat sering mengais rejeki dengan memancing, menjala ikan karena di tempat itu kaya ikan, atau bila surut masyarakat terutama ibu - bu suka mengambil remis, kijing disungai. Selain itu peranannya sebagai pengairan sawah... Airnya menuju pesawahan.

Sungai Ciasem dusun Gardu ini makin kecil aja... 
dulu mah sekitar 10 MMeteran
...

Sampai saat ini masyarakat berharap agar Sungai Ciasem, Dusun Gardu bisa dinormalisasi kembali. Airnya yang terus mengering menimbulkan kekhawatiran


Ini sungai lebarnya sekitar 3 Meteran tadinya sekitar 10Meteran
Ini sungai lebarnya sekitar 3 Meteran tadinya sekitar 10 Meteran

Admin berharap kepada Dinas Pekerjaan Umum untuk melebarkan sungai dengan alat berat. Harapannya, sungai akan kembali seperti sediakala. 


 Pemandangan berbeda tampak bila dibandingkan lebih kurang 20 tahun lalu. Saat itu sungai masih bersih dan luas.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments