logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Terapi ikan akupungtur alami

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -  Jaman sekarang ini banyak yang dilakukan orang agar selalu sehat dan berpenampilan prima, bahkan bagaimana tampil cantik. Sehingga cara-cara alternatifpun berkembang di masyarakat yang sebenarnya ingin yang lebih ekonomis, praktis dan tiis... Hehee. 

Wajar saja kalau kita ingin hidup sehat dan ekonomis, karena lebih baik mencegah dari pada mengobati.... Betul tidak?.

Nah, yang sedang trend saat ini adalah terapi ikan yang merupakan akupungtur alami, disebut  alami karena ikan yang melaksanakan tugas akupungtur dengan menyentuh kulit manusia, bahkan ikan tersebut mampu menyedot/memakan kulit mati manusia dan efek yang ditimbulkan bermanfaat bagi manusia 

Berikut ini manfaat bagi tubuh kita dengan terapi ikan :

i. Menghaluskan kulit (untuk kecantikan kulit), kulit mati diangkat  dan dimakan oleh ikan kemudian kulit baru timbul sehingga menjadikan kulit halus.    

ii. Merangsang syaraf-syaraf yang hampir mati sehingga sensitifity  kembali meningkat. Menurut yang saya baca, katanya beribu-ribu simpul syaraf terdapat di kaki yang akan menghungkan ke organ tubuh kita.

iii. Bisa melancarkan peredaran darah. 

iv. Menghilangkan kulit pecah-pecah dan masih banyak lagi...

Ikan yang digunakan untuk terapi ini yaitu Ikan Garra rufa (famili: cyprinidae) berasal dari turkey, ikan ini gak mempunyai gigi... sehingga aman untuk kulit.
Ikan Chin-chin (Oreochromis mosssambicus, famili: Ciclididae) yang berasal dari china ada juga yang mengatakan dari Afrika ikan ini biasa juga untuk terapi tetapi ikan ini bergigi, ikan chin-chin mirip persis ikan mujair yang ada di Indonesia. 

Ini foto saya sedang terapi ikan di kolam depan rumah.
Ini foto saya sedang terapi ikan di kolam depan rumah... Ikannya mana ya ?... kok gak kelihatan... malah pada ngumpet nih...  dan gak nyamperin kaki... hehehe.

Ikan Nilem Mangut (Ostreochlilus hasseltii) mulut ikan ini tidak bergigi sehingga cocok untuk digunakan sebagai terapi ikan, ikan ini sifatnya herivora atau pemakan tumbuhan.

Ikan Nilem Mangut mempunyai kelebihan dibandingkan dengan ikan terapi lainnya, yaitu ikan ini lebih besar dari garra rufa sehingga sensasinya lebih terasa, tidak bergigi tetapi mulutnya ditutupi lipatan kulit lunak dan berumbai berupa kulit elastis yang berguna untuk menghisap makanan atau menghisap kulit mati, yang jelas ikan ini lebih murah sehingga untuk  memudahkan modal usaha anda ataupun bagi anda yang ingin mempunyai kolam kecil sebagai terapi di rumah untuk pribadi.

Terapi ikan boleh jadi sarana bagi kita untuk relaksasi dan penyembuhan. Saat pertama kali mencoba, kita pasti merasakan sensasi geli, kaget, namun tentu saya mengasyikan pada kaki kita.... Geli – geli nikmat ... hehehe.

Asiik nih ikannya dah pada nyamperin
Asiik nih ikannya dah pada nyamperin dan sedot - sedot ... pijat - pijat kaki... Tapi ini ikan sepat dan betok nih hehehe...

Saat pertama kali kaki dicelupkan ke dalam kolam dengan cepat ratusan ikan tanpa dikomandani akan mengerubungi kaki sambil menggigitinya. Praktis, kita akan menjerit karena terasa sedikit miris karena sentuhan mulut ikan tepat mengenai simpul-simpul syaraf, sehingga ada nuansa sengatan "stroom" kecil-kecil, tapi setelah itu muncul rasa geli dan selanjutnya asyik.

Inginkah Anda merasakan sensasi geli namun asyik pada kaki Anda? Jika ya maka Anda harus datang ke Kolam terapi Ikan. ... Selamat mencoba..


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

saya ga sengaja blog walking nih ke blog mamang. 😇 Awalnya iseng2 baca cara ngecat murmer eh keterusan. Keasyikan baca kisah mang aja main anak di sawah, bikin kolam kecil, sampe ternak ikan kecil2.

Aduh mang, adem hati.... Nostalgia deui ka zaman basa abi di lembur... hiks 😢 Tapi ga tahu kenapa mang saya mah kepincut sama ikan sepat sama betoknya.

Pengen ih kalau ada benihnya, mungkin krna waktu kecil nyari ikan dapatnya itu. Tapi di satu sisi ikan ini udah mulai langka. Saya khawatir anak2 dan cucu saya nanti ga akan tahu ikan ini. Dan cuma denger ceritanya. Maklum jenis ikan ini ga dibudidayakn dan ga cukup populer padahal rasanya cukup enak dibanding lele.

Balas

Terimakasih kunjungannya... hehehe iya, namanya juga hidup di kampung hehehe.

Iya ikan betok sekarang sudah mulai susah, cara membudidayakannya juga susah, telurnya dapat menetas pada air yang muter... katanya sih :)

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger