--> Skip to main content

Terapi ikan akupungtur alami

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com -  Jaman sekarang ini banyak yang dilakukan orang agar selalu sehat dan berpenampilan prima, bahkan bagaimana tampil cantik. Sehingga cara-cara alternatifpun berkembang di masyarakat yang sebenarnya ingin yang lebih ekonomis, praktis dan tiis... Hehee. 

Wajar saja kalau kita ingin hidup sehat dan ekonomis, karena lebih baik mencegah dari pada mengobati.... Betul tidak?.

Nah, yang sedang trend saat ini adalah terapi ikan yang merupakan akupungtur alami, disebut  alami karena ikan yang melaksanakan tugas akupungtur dengan menyentuh kulit manusia, bahkan ikan tersebut mampu menyedot/memakan kulit mati manusia dan efek yang ditimbulkan bermanfaat bagi manusia 

Berikut ini manfaat bagi tubuh kita dengan terapi ikan :

i. Menghaluskan kulit (untuk kecantikan kulit), kulit mati diangkat  dan dimakan oleh ikan kemudian kulit baru timbul sehingga menjadikan kulit halus.    

ii. Merangsang syaraf-syaraf yang hampir mati sehingga sensitifity  kembali meningkat. Menurut yang saya baca, katanya beribu-ribu simpul syaraf terdapat di kaki yang akan menghungkan ke organ tubuh kita.

iii. Bisa melancarkan peredaran darah. 

iv. Menghilangkan kulit pecah-pecah dan masih banyak lagi...

Ikan yang digunakan untuk terapi ini yaitu Ikan Garra rufa (famili: cyprinidae) berasal dari turkey, ikan ini gak mempunyai gigi... sehingga aman untuk kulit.
Ikan Chin-chin (Oreochromis mosssambicus, famili: Ciclididae) yang berasal dari china ada juga yang mengatakan dari Afrika ikan ini biasa juga untuk terapi tetapi ikan ini bergigi, ikan chin-chin mirip persis ikan mujair yang ada di Indonesia. 

Ini foto saya sedang terapi ikan di kolam depan rumah.
Ini foto saya sedang terapi ikan di kolam depan rumah... Ikannya mana ya ?... kok gak kelihatan... malah pada ngumpet nih...  dan gak nyamperin kaki... hehehe.

Ikan Nilem Mangut (Ostreochlilus hasseltii) mulut ikan ini tidak bergigi sehingga cocok untuk digunakan sebagai terapi ikan, ikan ini sifatnya herivora atau pemakan tumbuhan.

Ikan Nilem Mangut mempunyai kelebihan dibandingkan dengan ikan terapi lainnya, yaitu ikan ini lebih besar dari garra rufa sehingga sensasinya lebih terasa, tidak bergigi tetapi mulutnya ditutupi lipatan kulit lunak dan berumbai berupa kulit elastis yang berguna untuk menghisap makanan atau menghisap kulit mati, yang jelas ikan ini lebih murah sehingga untuk  memudahkan modal usaha anda ataupun bagi anda yang ingin mempunyai kolam kecil sebagai terapi di rumah untuk pribadi.

Terapi ikan boleh jadi sarana bagi kita untuk relaksasi dan penyembuhan. Saat pertama kali mencoba, kita pasti merasakan sensasi geli, kaget, namun tentu saya mengasyikan pada kaki kita.... Geli – geli nikmat ... hehehe.

Asiik nih ikannya dah pada nyamperin
Asiik nih ikannya dah pada nyamperin dan sedot - sedot ... pijat - pijat kaki... Tapi ini ikan sepat dan betok nih hehehe...

Saat pertama kali kaki dicelupkan ke dalam kolam dengan cepat ratusan ikan tanpa dikomandani akan mengerubungi kaki sambil menggigitinya. Praktis, kita akan menjerit karena terasa sedikit miris karena sentuhan mulut ikan tepat mengenai simpul-simpul syaraf, sehingga ada nuansa sengatan "stroom" kecil-kecil, tapi setelah itu muncul rasa geli dan selanjutnya asyik.

Inginkah Anda merasakan sensasi geli namun asyik pada kaki Anda? Jika ya maka Anda harus datang ke Kolam terapi Ikan. ... Selamat mencoba..

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments