--> Skip to main content

Cara membersihkan bulu kepala kambing sebelum diolah

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Cara membersihkan bulu kepala kambing untuk diolah

Hari raya Idul Adha memang identik dengan menyembelih kambing, sapi, atau kerbau. Nah, apabila sobat kebetulan mendapatkan kepala kambing, Sapi atau Kerbau tapi bingung mengolahnya.Berikut ini saya akan memberikan tips bagaimana cara mengolah kepalaagar bersih dari bulu...

Cara membersihkan bulu kepala kambing sebelum diolah
Baca juga : Cara Membuat Sop Kaki Kambing Dan Membersihkan Bulunya



Cara membersihkan bulu kepala kambing sebelum diolah adalah ....... 

i. Bakar kepala kambing diatas bara api yang menyala. Jangan lupa untuk membolak - baliknya agar tidak gosong pada satu bagian pun. 

ii. Setelah hilang bulu pada seluruh kepala kambing karena hangus terbakar, hilangkan sisa - sisa arang yang menempel di kulit kepala akibat rambut yang terbakar. 

iii. Kerik bagian yang terlihat hitam atau bulu yang terbakar menggunakan pisau dapur sampai terlihat kulit yang sebenarnya...

iv. Cuci dengan bersih. Tujuan pencucian ini adalah menghilangkan kotoran sisa - sisa pembakaran dengan tuntas sebelum diolah lebih jauh.

v. Kepala kambing yang sudah bersih selanjutnya direbus didalam panci. Lamanya perebusan dengan mengecek dengan cara mengorek dan menekan kulit dari kepala kambing. Jika kulit kepala kambing sudah lunak berarti kepala kambing siap untuk diolah. Sebaliknya bila masih keras, rebus dan cek kembali. Tujuan perebusan ini adalah supaya kepala kambing menjadi lunak dan mudah untuk diiris - iris. Tapi perlu diingat jika terlalu lunak kepala kambing tak akan enak bila diolah lagi. Intinya adalah kita merebusnya sampai lunak tapi daging maupun kulit masih terasa kenyal bila disentuh ... Mungkin anda bisa mengira - ngira sendirilah....

vi. Iris - iris menjadi kecil tergantung selera anda, untuk kemudian diolah menjadi berbagai masakan yang lezat dan enak............ ..


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments