logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Membuat Sop Kaki Kambing Dan Membersihkan Bulunya

Sampurasun .. Rampes..

Blog Mang Yono. Kalau untuk memasak daging kambing sih pengolahannya cukup mudah ya, Entah itu dimasak Gule, Sate, atau Tongseng sekalipun. Kebanyakan yang dimasak adalah bagian yang berdaging...sedangkan bagian lain seperti kepala dan kaki acap kali disepelekan bahkan di buang. Khan sayang ya, mending dikasih saya aja ih.

Untuk mengolah kepala atau kaki kambing, ini diperlukan pekerjaan yang exstra sabar hehe.Tapi pernahkah terpikir oleh Sobat bahwa sebenarnya bagian kepala dan kaki ini bisa diolah menjadi makanan yang sedap dan lezat bila kita tahu cara mengolahnya.

Cara membuat sop dari kaki kambing dan membersihkan bulunya
 Sop kaki kambing alakadarnya

Baca Nasi Timbel Khas Subang

Berikut ini saya akan memberikan tips bagaimana cara mengolah kaki kambing atau sapi yang keras hingga menjadi lunak dan dapat diolah menjadi masakan yang sedap dan enak. Tips ini berdasarkan dari pengalaman saya yang tiap mendapatkan kaki atau kepala kambing / sapi. Saya pikir, apa salahnya berbagi ilmu diblog saya yang yang gak menarik ini.

Pertama : Yang perlu kita lakukan ketika kita sudah mendapatkan kaki kambing adalah menghilangkan bulu yang ada disekitar kaki tersebut. Cara pertama yaitu membuat api unggun / atau bara api, kalau menggunakan kompor gas gak bisa ya hehehe.
membuat api unggun / atau bara api
Membuat api unggun / atau bara api

Kedua : Membakar Kaki kambing diatas bara api yang menyala. Jangan lupa untuk membolak - baliknya agar tidak gosong. Ketelatenan dan kesabaran sangat di butuhkan pada bagian ini....
Membakar Kaki kambing diatas bara api yang menyala.
Membakar Kaki kambing diatas bara api yang menyala.

Ketiga : Setelah bulu – bulu tersebut terbakar dan menggosong, terus kita hilang bulu pada seluruh kaki kambing, hilangkan sisa - sisa arang yang menempel di kulit kaki akibat bulu yang terbakar. Seperti pada poto dibawah.
Bulu kaki kambing sudah terbakar dan menggosong
Bulu kaki kambing sudah terbakar dan menggosong

Cara membersihkannya adalah dengan mengerik bagian yang terlihat hitam menggunakan pisau dapur sampai terlihat kulit yang sebenarnya.
Mengerik bagian yang terlihat hitam menggunakan pisau dapur
Mengerik bagian yang terlihat hitam menggunakan pisau dapur

Keempat : Setelah Kaki kambing tidak lagi berwarna hitam dan terlihat warna yang sebenarnya, umumnya berwarna putih coklat setelah dibakar diatas api. Boleh lihat gambar dibawah ya, jangan lupa untuk mencucinya dengan bersih. Tujuan pencucian ini adalah menghilangkan kotoran sisa - sisa pembakaran dengan tuntas sebelum diolah. Dan jangan lupa juga telapak kaki kambingnya dibuang juga ya hehehe.
Ini sudah cukup bersih, tinggal mencuci dengan air bersih
Ini sudah cukup bersih, tinggal mencuci dengan air bersih

Kelima : Kaki kambing yang sudah bersih untuk selanjutnya direbus didalam panci setelah mendidih air rebusan tersebut dibuang, karena airnya akan berwarna hitan oleh sisa – sisa pembakaran tadi.

Selanjutnya kaki kambing siap dimasak, kalau saya biasanya mengolah kaki kambing ini dibuat sop, berikut resepnya :
Siapkan Bahan yang diperlukan :
  • 4 ( Empat )  kaki kambing yang sudah di bersihkan dan dibuang bulunya seperti langkah diatas, lalu potong potong atau dimemarkan.
  • Air secukupnya
Bumbu – bumbu yang harus dihaluskan:
  • 4 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas lengkuas
  • 5 biji kemiri
  • 2 biji cabe merah buang bijinya ( tapi kalau untuk anak – anak jangan pakai ya )
  • 3 sendok makan garam atau bisa di icip – icip sambil masak.
  • 3 sendok makan gula atau bisa di icip – icip sambil masak.
Bumbu tambahan
  • 3 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • Seledri secukupnya
  • Serai secukupnya
Langsung kita lanjutkan pada pengolahan :
  • Dengan Panci besar masukan Kaki kambing yang sudah dibakar dan dipotong - potong hingga terendam semuanya
  • Tambahkan daun seledri yang sudah dipotong – potong dan 3 sendok garam, masukkan bumbu yang telah dihaluskan
  • Aduk hingga rata dan biarkan selama 30 menit sampai bumbu meresap
  • Sesuaikan rasa manis, asin dan gurihnya dengan gula/garam sambil di icip - icip.
Sop kaki kambingnya sudah masak... !!! 
Yuk, selagi anget kita makan bareng hehehe

Selanjutnya, kita makan bareng Keluarga, Mertua , Nenek - Kakek .. Nenek - kakek jangan makan tulangnya ya. Untungnya tadi sopnya gak pakai Cabe, anak saya " Gigin " dah siap sedia mencicipi sop kaki kambing.
Makan bareng keluarga, nenek - kakek, mertua.
 Makan bareng keluarga, nenek - kakek, mertua.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

Wah tipsnya berguna nih buat yg suka masak..
kalo saya mah tinggal menikmatinya aja :)

Balas

untuk masakan satu ini saya sudh tidak meragukan lagi enaknya tapi stiap inget gambar kakinya jadi rada jeleh juga y...hhhhh salam hangat mang

Balas

caranya persisi seperti caranya emakku,,pake tungku pisan,,hehehehe,,jadi kangen emak nih,,,

Balas

GAN, kalo bersihin kepala kambingnya apa juga dibakar seperti kaki kambing ? terima kasih atas jawabannya

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger