logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara pengendalian hama dan penyakit kacang hijau

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Cara pengendalian hama dan penyakit kacang hijau

Sebulan sudah umur tanaman kacang hijau saya ini.... Sebelumnya sudah saya tulis juga tentang cara menanamnya di postingan yang berjudul Cara Menanam kacang Hijau di lahan sawah bekas tanaman padi ( Bagian 1 ) dan  Cara Menanam kacang Hijau di lahan sawah bekas tanaman padi ( Bagian 2 ).

Tanaman kacang hijau saya ini ditanam pada lahan bekas tanaman padi, tak butuh diperbuat pengolahan tanah/lahan, yang tak jarang disebut dengan istilah Tanpa Olah Tanah (TOT). Budidaya di bekas area penanaman padi, tunggul padi pun tanpa dipotong dan dibersihkan alias dibiarkan pada berdiri. Lahan pun tanpa dibajak, tetapi langsung ditanam kacang hijau aja....

Cara pengendalian hama dan penyakit kacang hijau
Cara pengendalian hama dan penyakit kacang hijau. Foto jepretan pada tanaman kacang hijau di blok Tegal sungsang, Pagaden Barat, Subang.

Nah, berikut ini cara pengendaliannya hama dan penyakit kacang hijau
i. Lalat kacang 
Ciri-ciri dari lalat kacang yaitu memiliki tubuh kecil, ukuran badannya kira - kira 1, 5 mm, warnanya hitam mengkilap, kalau siang hari bersembunyi didalam rumput, memiliki kepongpong atau pupa berwarna coklat.

Efek pada tanaman  
Meninggalkan bercak-bercak pada daun pertama, polong yangg terserang akan gugur, daun pun mulai layu serta kekuning-kuningan, tanaman akan mati waktu berusia 3-4 minggu.

Pengendaliannya  
Penanaman serempak, Penanaman gilir, benih input / masukan kedalam lubang dengan insektisida butiran seperti furadan 3G, selanjutnya penyemprotan dengan insektisida seperti Thiodin 35 EC dari mulai usia tanam tiga hari.

ii. Ulat Jengkal 
Ciri-ciri ulat jengkal, tubuhnya berwarna hijau, ukurannya 2-3 cm, serta jalannya menyungkal / menjengkal.

Efek pada tanaman
Menyerang tanaman yang telah tua, serta menyerang daun tanaman kacang sampai tulang daun.

Pengendaliannya
Musnahkan telur serta larvanya, tanam gilir, tanam serempak, serta penyemprotan pestisida, seperti Dekametrin, azodrin 15 WSG.

iii. Penggerek Polong 
Ciri-cirinya, larva berwarna merah kebiruan pada saat kecil, serta sesudah besar berwarna hijau, serta wujud larva gemuk licin.

Efek pada tanaman
Bikin lubang pada polong, mengonsumsi biji, tanda-tanda bercak hitam, ada lubang bulat pada polong, serta biji pada polong habis dimakan.

Pengendaliannya
Tanam serempak, tanam gilir, penyusunan saat yg pas, menghentikan penanaman sepanjang 2 th. bila hama banyak, serta penyemprotan dengan pestisida, seperti azodrin 15 WSC atau Sihalotrin.

iv. Ulat penggulung daun 
Ciri-cirinya, ulat berwarna hijau terang, serta kupu-kupu kecil berwarna coklat muda.

Efek pada tanaman
Daun menggulung ke dalam/keriting karenasel-sel sisi atasnya mengerut serta turunkan hasil, lantaran sistem fotosintesis terganggu.

Pengendaliannya
Buang daun yg menggulung, mematikan ulatnya, serta menyemprot pada waktu berusia 3 minggu denga Fungisida Benlate 50 WP sejumlah 1 gram/liter air, serta tiap-tiap 10 hari pada usia 30-50 disemprot dengan ½ gram per liter air.
FOTO : Tanaman kacang hijau admin di Tegal sungsang, Pagaden Barat, Subang
FOTO : Tanaman kacang hijau admin di Tegal sungsang, Pagaden Barat, Subang

Nah berikut ini beberapa jenis penyakit yang biasa menyerang tanaman kacang hijau
i. Bercak daun
Pengendaliannya dengan cara memotong daun serta kerjakan penyemprotan dengan Benlate 50 WP sejumlah 0, 5 gram/liter pada umur 30 serta 40 hari.

ii. Karat daun
Pengendaliannya menaman varietas tahan penyakit, serta kerjakan penyemprotan dengan fungisida tiap-tiap 10 hari mulai 25 hari hingga 45 hari dengan Bayleton 2 gram/2 cc/liter air.

iii. Kudis
Pengendaliannya penanamn varietas tahan penyakit, tanaman dicabut serta dibakar, serta penyemprotan pestisida dengan cara teratur dengan Bavistin, Topsin M 70 WP pada usia 20 hari, 30 hari, serta 50 hari.

iv. Embun tepung
Penngendaliannya dengan menanam varietas yg tahan penyakit, serta menyemprotkan fungisida seperti Benlate 50 WP 1 gram/liter air waktu tanaman umur 3 minggu.

FOTO : Tanaman kacang hijau admin di Blok Tegal Sungsang yang terserang Ulat Jengkal.
FOTO : Tanaman kacang hijau admin di Blok Tegal Sungsang yang terserang Ulat Jengkal.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger