--> Skip to main content

Normalisasi sungai Ciasem dusun Gardu, Pagaden Barat, Subang.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Normalisasi sungai Ciasem dusun Gardu, Pagaden Barat, Subang.

Pengerukan atau normalisasi sungai Ciasem di dusun Gardu, Desa bendungan, Kecamatan Pagaden barat Subang, Jawa Barat sedang dilakukan .... Menurut kabar bantaran sungai atau dinding pinggiran sungai akan dipermanen dengan pemasangan penahan longsor dengan pemasangan batu muka sepanjang sungai.... Baca Pengerukan Sungai Ciasem, Dusun Gardu, Pagaden Barat, Subang

Normalisasi sungai Ciasem dusun Gardu, Pagaden Barat, Subang.Normalisasi sungai Ciasem dusun Gardu, Pagaden Barat, Subang. Foto ini saya jepret di atas sasak serong / jembatan serong, Kampung Gardu Kecil.

Baca tulisan saya yang sebelumnya Warga Pagaden Barat berharap pengerukan sungai Ciasem 

Memang betul Longsoran pada tebing sungai merupakan salah satu persoalan yang sering terjadi dalam wilayah sungai. Hal ini merupakan efek dari meningkatnya kecepatan aliran air dan debit air yang melewati sugai tersebut. Maka dari itu perlu dilakukan suatu upaya untuk mencegah terjadinya longsoran pada tebing juga sekaligus menjaga daerah sempadan sungai. berbagai metode dapat dilakukan dalam usaha perlindungan tebing sungai. Cara konvensional yang dapat dilakukan yaitu perkerasan tebing dengan pasangan batu atau dengan beton bisa dipancangkan juga.

Normalisasi sungai Ciasem, Dusun Gardu...
Normalisasi sungai Ciasem, Dusun Gardu... Ini saya jepret depan rumah Nenek admin

Konstruksi pemasangan tebing sungai ini menutup seluruh permukaan tebing. Cara lain yaitu dengan membuat krib di sepanjang aliran sungai terutama pada daerah belokan sungan. Dengan adanya krib ini dapat mencegah erosi pada tebing sekaligus dapat menahan sedimen yang terbawa dari hulu. Dengan demikian lama kelamaan daerah sempadan sungai bertambah luas... 


 Normalisasi sungai Ciasem pada belokan sungai dusun Gardu.
 Normalisasi sungai Ciasem pada belokan sungai dusun Gardu. Foto ini saya jepret depan rumah Nenek admin


Tebing sungai dibuat miring
Tebing sungai dibuat miring, karena akan dipasang lening atau batu muka pada tebing...

Baca juga:  Kabar pengerukan sungai ciasem, Pagaden Barat, Subang


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments