logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kabar pengerukan sungai ciasem, Pagaden Barat, Subang

Sampurasun ... Rampes .

MANGYONO.com - Bencana banjir mungkin salah satu penyebabnya mulai dari tak adanya wilayah resapan air, rendahnya kesadaran masyarakat akan fungsi, membuang sampah kesungai serta yang paling krusial yaitu pendangkalan sungai atau penyempitan sungai.

Pendangkalan sungai mungkin diakibatkan karena dibuat tanggul limpasan di hulu. Seperti di Sungai Ciasem dusun Gardu yang sungainya makin menyempit dan dangkal, kalau hujan gede luapan sungai hampir meluap ke rumah nenek saya... Ih, ngeriiii...

Kabar pengerukan sungai ciasem, Pagaden Barat, Subang
Kabar pengerukan sungai ciasem, Pagaden Barat, Subang

Dulu pas saya masih kecil lebar sungai Ciasem ini sekitar 10 Meteran, dan belum ada tanggul di hulu sungai dekat sasak serong ( jembatan serong ), setelah tanggul dibuat, debit airnya rendah dan endapan lumpur tahunan bertambah, akhirnya sungai menyempit, sekarang ukuran sungai ini lebarnya sekitar 3 Meteran, lihat saja di poto saya ini, sungainya menyempit tadinya tuh bagian datar dari tanah yang ditumbuhin rumput adalah sungai.

Tanggul ini dibuat, debit airnya rendah dan endapan lumpur tahunan bertambah, akhirnya sungai menyempit dan dangkal.
Eh, ada kabar burung ... Katanya bulan Agustus 2015 nanti, sungai Ciasem di Kampung Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kab. Subang ini akan dikeruk untuk dibuat lebar dan dibuat dalam kembali.... Horeee...

Sungai Ciasem jadi menyempit dan dangkal, dulu lebarnya sekitar 10 Meteran, sekarang tinggal 3 meteran, bentar lagi sungai ini bisa dilompatin nih... Hehehe.

Kalau memang begitu, Saya mengucapkan banyak – banyak terimakasih Kepada Yth. Dinas terkait atau Jasa Tirta II, yang akan melakukan pengerukan kali Ciasem. Kami sudah sangat berharap untuk penanganan sungai yang menyempit dan pendangkalan di wilayah kami. Mohon maaf atas tulisan saya yang sebelumnya di Sungai Ciasem dusun Gardu makin menyempit. Terima kasih.

Sungai Ciasem di Kp. Gardu ini mengairi sawah saya
Sungai Ciasem di Kp. Gardu ini mengairi sawah saya yang ada di Bakan Bandung.. Airnya sih gak pernah surut, dan sawah dapat dialiri air secara teratur. Sawah di Bakan Bandung ini dalam 1 tahun 3 kali penanaman. Baca Padi di Bakan Bandung, Pagaden Barat padat berisi.

Baca juga :  
Tanaman Padi di Bakan Bandung Mengerdil 
Menanam padi dengan jajar legowo 
Tanaman Padi Rojolele Lulus Cuaca 
Indahnya Mancing (ngurek ) belut di sawah




Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger