logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Belut sawah semakin langka

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Belut sawah semakin langka.

Bagi Anda pecinta kuliner sejati, sungguh rugi rasanya bila Anda belum pernah menikmati lezatnya masakan berbahan belut. 

Tapi, menurut saya belut yang paling gurih itu belut sawah (Monopterus Albus) .. yaitu belut yang memang secara alami hidup di sawah-sawah, bukan yang berhabitat di sungai, empang, maupun yang sengaja diternakkan. Belut sawh ini ukurannya kecil diameter tubuhnya berkisar antara satu hingga dua sentimeter dan panjangnya lebih kurang 25 sentimeter, belut ini memiliki citarasa daging yang begitu gurih. Belut sawah ini paling cocok dimasak dengan campuran irisan cabe hijau yang digoreng agak garing, dinikmati sebagai lauk sarapan dengan sepiring nasi pulen yang putih dan panas yang asapnya masih mengepul. ....

 FOTO : Belut sawah, ditangkap dengan cara diurek / dipancing
 FOTO : Belut sawah, ditangkap dengan cara diurek / dipancing

 
Baca juga :  
Ngurek belut   
Cara Menangkap Belut
Indahnya Mancing (ngurek ) belut di sawah  Asyiknya Memancing Ikan Gabus di Sawah   Memancing ikan Wader (Beunteur, Paray bahasa Sunda) 
Cara ngurek / mancing belut di sawah yang benar  
Vidio cara ngurek / mancing belut di sawah   

Tapi di kampung saya di Pagaden Barat, Subang kini cukup sulit untuk mendapatkan binatang itu... Lalu kemana perginya belut-belut itu dan mengapa mereka tega meninggalkan sawah ?. 
Menurut saya, belut sawah lambat laun menghilang karena habitatnya semakin rusak tercemari pestisida dan bahan-bahan kimia lainnya. Binatang itu melarikan diri menuju ke sungai atau empang - empangk berhibernasi ataupun ”merantau” bertransformasi menjadi belut sungai. 

FOTO : Belut sungai / kali ukurannya lebih gede dari belut sawah..
  FOTO : Belut sungai / kali ukurannya lebih gede dari belut sawah... Mungkin juga ini dulunya belut sawah yang berhibernasi ataupun ”merantau” bertransformasi menjadi belut sungai... Hehehe.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger