logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Katopes / Roay bukan untuk lalapan mentah.

Sampurasun ... Rampes

MANGYONO.com - Katopes / Roay bukan untuk lalapan mentah.

Pernah lihat tanaman sayuran yang seperti gambar dibawah ini ?. Pasti sobat ada yang belum pernah liat juga ya.... Ya, tanaman ini jarang, karena hanya untuk dikonsumsi sendiri saja. Biasanya tidak ada dipasaran untuk dibeli karena tanaman sayur ini hanya untuk pelengkap saja di ladang atau sawah. Jarang sekali petani yang membudidayakan dalam jumlah yang banyak untuk dijual dipasaran.

Katopes / Roay bukan untuk lalapan mentah.
 Katopes / Roay bukan untuk lalapan mentah.


Baca juga :  
 

Namanya kalau ditempat saya yaitu Katopes / Roay. Tanaman ini tumbuh merambat seperti pohon kacang panjang, bahkan merambatnya bisa lebih tingg.

Buah yang masih muda enak untuk disayur sama kulit-kulitnya. Bisa ditumis, sop, oseng atau campuran nasigoreng seperti kacang kapri.  Kalau buah yang sudah tua kulitnya keras dan seperti bercangkang. Kadang juga malah disengaja sampai tua untuk diambil bijinya. 

Tapi buah yang masih muda enak juga di kukus / direbuas untuk dijadikan lalapan matang yang dicocolkan ke sambel ... Hehhehe.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger