--> Skip to main content

Katopes / Roay bukan untuk lalapan mentah.

Sampurasun ... 

MANGYONO.com - Katopes / Roay bukan untuk lalapan mentah.

Pernah lihat tanaman sayuran yang seperti gambar dibawah ini ?. Pasti sobat ada yang belum pernah liat juga ya.... Ya, tanaman ini jarang, karena hanya untuk dikonsumsi sendiri saja. Biasanya tidak ada dipasaran untuk dibeli karena tanaman sayur ini hanya untuk pelengkap saja di ladang atau sawah. Jarang sekali petani yang membudidayakan dalam jumlah yang banyak untuk dijual dipasaran.

Katopes / Roay bukan untuk lalapan mentah.
 Katopes / Roay bukan untuk lalapan mentah.


Baca juga :  
 

Namanya kalau ditempat saya yaitu Katopes / Roay. Tanaman ini tumbuh merambat seperti pohon kacang panjang, bahkan merambatnya bisa lebih tingg.

Buah yang masih muda enak untuk disayur sama kulit-kulitnya. Bisa ditumis, sop, oseng atau campuran nasigoreng seperti kacang kapri.  Kalau buah yang sudah tua kulitnya keras dan seperti bercangkang. Kadang juga malah disengaja sampai tua untuk diambil bijinya. 

Tapi buah yang masih muda enak juga di kukus / direbuas untuk dijadikan lalapan matang yang dicocolkan ke sambel ... Hehhehe.

youtube image
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments