--> Skip to main content

Cara semai pepaya dari biji

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Cara semai pepaya dari biji

Untuk mendapatkan bibit pepaya yang bagus dan sehat... diambil dari biji-biji buah Pepaya yang benar-benar masak dan berasal dari pohon pilihan.

 FOTO : Biji Pepaya
 FOTO : Biji Pepaya


Lihat vidio : Vidio : Semai biji pepaya tanpa perkecambahan


Benih untuk budidaya pepaya didapatkan dari biji terseleksi. Untuk mendapatkan sebanyak mungkin pohon pepaya sempurna diperlukan ketelitian dan keterampilan dalam memilih calon benih.

Benih yang baik didapatkan dari buah pepaya yang dihasilkan pohon sempurna. Bentuk buah memanjang, tidak cacat dan bebas dari penyakit. Buah tersebut sebisa mungkin dibiarkan matang di pohon.

Biji pepaya terdapat dalam rongga buah, ada yang berwarna hitam kelam ada yang pucat putih. Biji berwarna putih merupakan biji yang mati tidak akan tumbuh. Biji yang hitam dapat tumbuh menjadi pohon, namun hanya sekitar 25-50% yang menjadi pohon sempurna tergantung sifat genetisnya. Sisanya menjadi pohon betina dan pohon jantan.

Biji yang tumbuh di ujung buah memiliki kemungkinan untuk tumbuh menjadi pohon pepaya sempurna dibanding bagian pangkal. Untuk menyeleksi benih sebaiknya ambil biji pada bagian ujung hingga tengah buah. Jangan mengambil biji dari pangkal buah.



Nah, untuk Buah Pepaya yang akan dijadikan bibit kemudian dibelah dan diambil biji-bijinya.

Biji yang sudah dikeluarkan kemudian dicuci bersih sampai kulit ari yang membungkus biji terkelupas dan terbuang, untuk kali ini saya tidak melakukan pengeringan… Jadi langsung disemai.

Selanjutnya saya menyediakan media semai dengan campuran tanah dengan pupuk kandang dari kotoran kelinci

Benih-benih tersebut kemudian ditabur ke dalam media semai yang sudah dibuat tadi lalu timbun dengan media tanah atau abu sekam padi sedalam 1 cm .
FOTO : Menebar biji pepaya
FOTO : Menebar biji pepaya

Biasanya pada umur 12-14 hari, bibit akan berkecambah … Baca posting bibit sudah berkecambah di
Semaian biji pepaya tumbuh tunas
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments