--> Skip to main content

Desa Gempol, Kecamatan Pusakanagara

Sampurasun ... Rampes.

Desa Gempol, Kecamatan Pusakanagara

Desa Gempol termasuk wilayah Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Desa ini berada di wilayah  Pantai Utara Jawa Barat dan berada sekitar 3 km dari  Jalur Utama Pantura. 

Kode pos Desa Gempol, Kecamatan Pusakanagaral 41255. Desa Gempol terletak di tengah Kecamatan Pusakanagara dengan luas wilayah 353.135 ha/m2 dan jumlah penduduk 3270 orang.  Desa yang terkenal akan buah mangganya ini terdiri dari 2 dusun, 5 RW, dan 16 RT. Desa ini merupakan desa terkecil dan termaju di Kecamatan Pusakanagara. Desa Gempol merupakan Desa Mandiri Gotong Royong.

Kantor Desa Gempol, Kecamatan Pusakanagara
 Kantor Desa Gempol, Kecamatan Pusakanagara

Batas Wilayah Desa Gempol, Kecamatan Pusakanagara :
Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Kalentambo, Desa Rancadaka
Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Pusakaratu
Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Kalentambo
Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Mundusari


Mata pencaharian pokok di Desa Gempol adalah petani. Terdapat juga buruh tani, pedagang keliling, dan peternak.

Desa yang memiliki suhu rata-rata harian 30-32 derajat celcius ini merupakan dataran rendah yang bebas banjir. Jarak dari Desa Gempol ke Ibu Kota Kecamatan sekitar 2 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Transportasi umum yang tersedia adalah ojek dan angkutan umum.

Sebagian besar Desa Gempol merupakan area pertanian dan pemukiman dengan rincian area persawahan dengan  luas sekitar 218.240 ha/m2, area perkebunan dengan luas 58.000 ha/m2, dan area pemukiman dengan luas 51,253 ha/m2. Komoditas pertanian utama desa ini adalah padi dan mangga.
Sumber air bersih di desa ini paling banyak dari sumur gali, selain itu bisa juga didapat dari sumur pompa dan hidran umum.

Kelurahan/Desa lainnya di Kecamatan Pusakanagara : 
- Desa Bojongjaya, Kecamatan Pusakanagara 
- Desa Gempol, Kecamatan Pusakanagara  
- Desa Kalentambo, Kecamatan Pusakanagara  
- Desa Kotasari, Kecamatan Pusakanagara  
- Desa Mundusari, Kecamatan Pusakanagara 
- Desa Patimban, Kecamatan Pusakanagara  
- Desa Pusakaratu, Kecamatan Pusakanagara  
- Desa Rancadaka, Kecamatan Pusakanagara


Data dari Desa Gempol, Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang, mungkin bisa sobat tambahkan pada kolom komentar atau bagi warga Desa Gempol, Kecamatan Pusakanagara, boleh mengirimkan data atau kegiatan dari desa tersebut ke  email  : blogmangyono(at)gmail(dot)com. Atau bagi sobat yang tinggal di Desa lain ( masih di wilayah Kabupaten Subang ) bisa mengirimkan poto asli jepretan sobat dan data Desa sobat untuk dipublikasikan di Blog Mang Yono ( BIAR MAKIN KEREN DESANYA dan DIKENAL DUNIA ).

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments