logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Nikmatnya.... Ngaliwet dan Makan Bareng Tetangga

Nikmatnya.... Ngaliwet dan Makan Bareng Tetangga

MANGYONO.com - Para tetangga berkumpul dikebun belakang rumah. Jarum jam naik menunjuk pukul 11.00 WIB tetapi rindangnya pohon rambutan menjadikan suasana serasa masih pagi.

Saya tidak diizinkan untuk ikut memasak. 

“Keun we ku ibi nu masakna mah. Amang mah atos we antosan di handap tangkal Rambutan. (Biar Bibi saja yang memasak. Amang tunggu saja di bawah pohon rambutan),” ujar salah seorang tetangga.

 Nikmatnya.... Ngaliwet dan Makan Bareng Tetangga

Saat nasi dituangkan di atas sehampar daun pisang bersama lauk seperti ikan peda bakar, sambal, karedok terong peuheur, dan lalapan, semua orang langsung menyerbu. Menu sederhana namun terasa sedemikian nikmat.

Bagi warga Indonesia bukan hal yang aneh ketika makan dengan beralaskan daun pisang, namu meski sudah lumrah tak sedikit orang yang beragapan makan dengan alas daun pisang terkesan jorok dan kurang sehat, beranggapan seperti itu mungkin karena belum mengetahui kalo ternyata makan dengan alas daun pisang memiliki beberapa manfaat yang bagus, penulis pribadi orang yang sangat menyukainya, salah satu contohnya ketika makan nasi liwet baik dimakan sendiri maupun dimakan bareng keluarga dan kerabat terasa lebih nikmat dan aroma yang has dari daun pisang membuat sensasi makan yang luar biasa berkesan.

Saat masih menjadi Siswa di Purwakarta, tiga-empat kali dalam sepekan, kami siswa di Kosan, biasa ngaliwet di pinggir kali/empang saat malam atau hari minggu sambil mancing dengan menu seadanya dan beralaskan daun pisang.

Ngaliwet selalu mengandung perdebatan. Di situlah keseruannya. Perdebatan paling sengit umumnya menyoal cara memasak nasi. Berapa lama nasi dimasak, apakah bumbu langsung dicampur seluruhnya, apa saja lauknya, siapa yang mencari daun pisang jauh ke tengah kebun untuk alas, serta sepedas apa sambalnya adalah hal-hal yang biasa diperdebatkan dalam suasana penuh canda.


Kampung Gardu, Desa Bendungan, Pagaden Barat, Subang terpencil jauh dari keramaian. Sekelilingnya hanya hamparan sawah. Namun rumah-rumah berdiri megah.

Nah, dibawah ini ada vidio Ngaliwet dan Makan Bareng Tetangga ...

 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

enak juga ya masak dan makan bersama tetangga

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger