--> Skip to main content

Tanaman Padi di Tegalsungsang, Pagaden Barat, Subang Terserang Hama Beluk

Sampurasun ... Rampes.

Tanaman Padi di Tegalsungsang, Pagaden Barat, Subang di Serang Hama Beluk

MANGYONO.com - Pada musim kemarau, tanaman padi sangat rentan terhadap serangan hama dan penyakit.  Salah satu hama yang menyerang tanaman padi adalah penggerek batang seperti pada tanaman padi admin di blok Tegalsungsang, Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat terserang hama Beluk. Hama ini akan semakin pesat perkembangannya ketika didukung oleh cuaca yang panas dan kondisi air yang tergenang. 

Tanaman Padi di Tegalsungsang, Pagaden Barat, Subang Terserang Hama Beluk
Tanaman Padi di Tegalsungsang, Pagaden Barat, Subang Terserang Hama Beluk




Jika admin perhatikan, sebenarnya hama ini menyerang sejak tanaman berada dipersemaian.  Namun belum menunjukkan gejala yang jelas, sehingga saya dan para petani kurang waspada terhadap serangan hama tersebut.  Telur, larva dan pupa yang berada di persemaian akan terbawa ke pertanaman padi.  

Penggerek batang ini menyerang tanaman pada dua fase tumbuh tanaman setelah tanam :
1) Sundep Menyerang padi pada vase vegetatif (fase pertumbuhan), 
Gejala daun padi yang terserang daunnya akan menguning, pucuk batang yang digerek menjadi kering dan mudah dicabut, bila dicabut ada bekas gerekan dan kadang-kadang larva nya masih ada pada pangkal batang. 

2) Beluk menyerang padi pada fase generatif (fase produksi), 
Gejala malai akan mati karena tangkainya dikerat oleh larva, malai yang mati akan tetap tegak berwarna abu-abu putih dan bulirnya hampa, mudah dicabut dan pangkalnya terdapat bekas gigitan larva. Lihat foto dibawah ini

Padi terserang hama beluk. Foto jpretan di sawah admin
Padi terserang hama beluk. Foto jpretan di sawah admin
       
Kadang-kadang lebih dari satu jenis penggerek yang menyerang tanaman padi, kedatangannya pun tidak bersamaan, namun hasil identifikasi disawah menunjukkan bahwa kerusakan sundep atau beluk didominasi oleh penggerek batang padi kuning dan penggerek batang padi putih.  


Baca juga : Padi sudah menguning di blok Tegalsungsang, Pagaden Barat, Subang
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments