--> Skip to main content

Desa Dawuan Kidul, Kecamatan Dawuan

Sampurasun ... Rampes.

Desa Dawuan Kidul, Kecamatan Dawuan

MANGYONO.com - Dawuan Kidul adalah desa di kecamatan Dawuan, Subang, Jawa Barat, Indonesia. Kode POS 41271.

Berada pada ketinggian 37.17 -700 meter di atas permukaan laut dengan temperatur suhu udara 30 derajat Celcius. Wilayah Desa Dawuan Kidul meliputi tiga dusun, yaitu : Dusun Dawuan 1, Sukajaya dan Cibeunying.

 
Kantor Desa Dawuan Kidul, Kecamatan Dawuan
Kantor Desa Dawuan Kidul, Kecamatan Dawuan

 
Jalan yang menghubungkan Desa Dawuan dengan ibukota kecamatan Dawuan, Subang merupakan jalan beraspal dengan lebar 5 meter, angkutan umum hanya ada pada waktu tertentu saja terutama pada saat pagi hari, terdapat beberapa lokasi pangkalan Ojek.

Kondisi Desa Dawuan Kidul dilihat dari jarak ke kota Subang yaitu 5 km, jarak ke kecamatan yaitu 1 km, waktu tempuh ke kota Subang dr desa Dawuan Kidul yaitu 15 menit dan waktu tempuh ke kecamatan yaitu 5 menit.

Desa Dawuan secara fisik tidak berbeda jauh dengan desa lainnya yang ada pada kecamatan Dawuan. Sebagian besar wilayah Desa Dawuan Kidul memiliki wilayah persawahan, Pemukiman, perkebunan, tegalan dan Empang. Desa Dawuan Kidul pun memiliki aliran sungai  Ciasem yang disamping itu berguna sebagai sumber pengairan persawahan masyarakat sekitar. 

Desa Dawuan Kidul, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang
Desa Dawuan Kidul, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang

Desa Dawuan Kidul terdapat, memiliki 15 Rukun tetangga (RT), dan 6 Rukun Warga (RW). Desa Dawuan Kidul memiliki tiga Dusun, Dusun satu, Dusun dua (sukajaya), dan Dusun tiga (Cibeunying).

Mata pencaharian pokok Desa Dawuan Kidul terbesar yaitu di bidang pertanian dan peternakan karena kawasan tersebut sangat cocok untuk bertani, baik sebagai pemilik lahan ataupun yang bekerja sebagai Buruh Tani.

Disamping bekerja sebagai tani, masyarakat Dawuan Kidul pun bermata pencaharian sebagai wiraswasta. Wiraswasta tersebut seperti membuka warung sembako, bengkel kendaraan bermotor, warung makan, dan juga usaha mebeul seperti kursi sofa ataupun lemari. 


Kelurahan/Desa lainnya di Kecamatan Dawuan :  



Data dari  Dawuan Kidul, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang, mungkin bisa sobat tambahkan pada kolom komentar atau bagi warga Dawuan Kidul, Kecamatan Dawuan, boleh mengirimkan data atau kegiatan dari desa tersebut ke  email  : blogmangyono(at)gmail(dot)com. Atau bagi sobat yang tinggal di Desa lain ( masih di wilayah Kabupaten Subang ) bisa mengirimkan poto asli jepretan sobat dan data Desa sobat untuk dipublikasikan di Blog Mang Yono ( BIAR MAKIN KEREN DESANYA dan DIKENAL DUNIA ).

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments