--> Skip to main content

Desa Sukamandijaya, Kecamatan Ciasem

Sampurasun ...

Desa Sukamandijaya, Kecamatan Ciasem

MANGYONO.com - Sukamandijaya adalah desa di kecamatan Ciasem, Subang, Jawa Barat. Desa Sukamandijaya merupakan desa dengan wilayah terluas di kecamatan Ciasem.

Desa Sukamandijaya berada di daerah strategis yang dilintasi jalur pantura membuat Desa Sukamandi Jaya menjadi "pusat pemerintahan" dari Kecamatan Ciasem, terdapat beberapa kantor pelayanan masyarakat, pasar tradisional, dan berbagai ritel mini market selain pemukiman penduduk dan lahan persawahan yang merupakan milik penduduk dan sebagian besar merupakan lahan garapan PT Sang Hyang Seri, sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mempunyai bisnis inti perbenihan pertanian.

PT Sang Hyang Seri (persero), sejak tahun 1940 adalah perkebunan besar milik swasta asing (Inggris) dengan nama Pamanoekan & TJiasemlanden yang dengan adanya nasionalisasi pada tahun 1957 perusahaan ini dikelola oleh Yayasan Pembangunan Djawa Barat (YPDB). Tahun 1966 YPDB berubah bentuk menjadi Proyek Produksi Pangan Sukamandi Jaya bersamaan dengan di bentuknya Proyek penelitian dan Mekanisasi serta Proyek Perhewani. Ketiga proyek ini dilebur pada tahun 1968 menjadi Lembaga Sang Hyang Seri. Tiga tahun kemudian tepatnya tahun 1971 Lembaga Sang Hyang Seri menjadi perusahaan umum (Perum) . Dan pada tahun 1995 status Perum berubah menjadi persero.


Menurut para sesepuh kampung bahwa dahulu penamaan daerah perkebunan yang sekarang bernama SUKAMANDI karena terdapatnya penampungan air yang oleh penduduk sekitar dinamakan "Balong" dengan debit air yang sangat banyak dan bersih. sehingga dengan keadaan cuaca yang panas dan melihat permukaan air tersebut yang sangat jernih membuat orang-orang selalu merasakan ingin mandi di tempat tersebut. Sehingga kini daerah ini bernama SUKAMANDI, dan untuk bekas-bekas penampungan air tersebut masih dapat dilihat walaupun dalam kondisi yang sudah rusak.



PETA Desa Sukamandijaya, Kecamatan Ciasem
PETA Desa Sukamandijaya, Kecamatan Ciasem

 

Tidak ada catatan resmi yang di tulis oleh pemerintah desa sukamandijaya tentang sejarah ini, akan tetapi sejarah ini masih sangat tersimpan pada memori orang-orang sukamandi yang kini sudah semakin tua renta.  

Desa -desa di Kecamatan Ciasem :


Data dari Desa Sukamandijaya, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, mungkin bisa sobat tambahkan pada kolom komentar atau bagi warga Desa Sukamandijaya, Kecamatan Ciasem boleh mengirimkan data atau kegiatan dari desa tersebut ke  (email  : blogmangyono@gmail.com) / Inbox Facebook ( Mang Yono ). Atau bagi sobat yang tinggal di Desa lain ( masih di wilayah Kabupaten Subang ) bisa mengirimkan Foto asli jpretan sobat dan data Desa sobat untuk dipublikasikan di Blog Mang Yono ( BIAR MAKIN KEREN DESANYA ).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments