--> Skip to main content

Desa Cisaat, Kecamatan Ciater

Sampurasun ...

Desa Cisaat, Kecamatan Ciater

MANGYONO.com - Cisaat adalah desa di kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat, Indonesia. 

Wilayah Cisaat meliputi 4 dusun, 6 RW, dan 28 RT. Cisaat merupakan desa dengan panorama alam yang masih asri dan indah dan kaya akan ragam seni dan budaya tradisional yang menjadikannya satu aikon tersendiri. 

Di desa Cisaat juga terdapat objek agrowisata berupa kebun nanas dan stoberry yang menawarkan sensasi petik buah sendiri, ada pula sebuah kampung yang di namai Kampung Zidane, yang diresmikan langsung oleh pesepak bola dunia asal Perancis Zinedine Zidane pada Juli 2007. Kampung Zidane sendiri merupakan proyek percontohan program industri susu dari perusahaan makanan dan minuman asal perancis Groupe Danone untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas susu segar, Cisaat dipilih karena bidang peternakan Cisaat menjadi salah satu unggulan di Kabupaten Subang sebagai salah satu sentral penghasil susu murni.

Desa Cisaat, Kecamatan Ciater
 Desa Cisaat, Kecamatan Ciater

 Di desa Cisaat ada kuliner khasnya, yaitu :
i. Papais Cisaat.
Papais Cisaat adalah kuliner dari Kampung Cilimus, Desa Cisaat yang melegenda sejak ratusan tahun lalu. Papais adalah salah satu dari sekian makanan tradisional Subang. Karena sudah menjadi ciri khas, tak heran tugu yang didirikan di jalan masuk menuju kampung ini pun berbentuk papais. Papais ini semacam makanan camilan. Terbuat dari tepung beras dan gula aren, kemudian dibungkus daun bangban dan rasanya manis. Paling enak dimakan sama teh.

ii. Abon Jantung Pisang Cisaat
Abon Jantung Pisang Cisaat adalah kuliner khas di  Kampung Cilimus, Desa Cisaat, ditangan kreatifnya jantung pisang yang biasanya tidak dilirik siapapun, bisa memiliki nilai jual yang tinggi. Diolah menjadi abon pisang yang nikmat.


Desa di Kecamatan Kecamatan Ciater  (Kodepos : 41281) 
- Desa Palasari, Kecamatan Ciater
- Desa Ciater, Kecamatan Ciater
- Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater
- Desa Cibitung, Kecamatan Ciater
- Desa Cisaat, Kecamatan Ciater
- Desa Nagrak, Kecamatan Ciater
- Desa Sanca, Kecamatan Ciater


Data dari  Desa Cisaat Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, mungkin bisa sobat tambahkan pada kolom komentar atau bagi warga Desa Cisaat Kecamatan Ciater, boleh mengirimkan data atau kegiatan dari desa tersebut ke  email  : blogmangyono@gmail.com. Atau bagi sobat yang tinggal di Desa lain ( masih di wilayah Kabupaten Subang ) bisa mengirimkan poto asli jepretan sobat dan data Desa sobat untuk dipublikasikan di Blog Mang Yono ( BIAR MAKIN KEREN DESANYA ).

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments