--> Skip to main content

Desa Jati, Kecamatan Cipunagara

Sampurasun ...

Desa Jati, Kecamatan Cipunagara

MANGYONO.com - Jati merupakan sebuah desa yang terletak di kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Batas Wilayah Desa Jati :    
- Sebelah Utara  berbatasan dengan desa Kosambi
- Sebelah Selatan  berbatasan dengan desa Parigimulya
- Sebelah Timur  berbatasan dengan desa Padamulya
- Sebelah Barat berbatasan dengan desa Sukamulya

Jarak dari desa Jati ke kota pemerintahan: 

Jarak ke Ibu Kota Kecamatan Cipunagara :    7 km
Jarak ke Ibu Kota Kabupaten Subang          : 25 km
Jarak ke Ibu Kota Provinsi Jawa Barat        : 70 km


Di Desa Jati, ada salah satu pengrajin kayu “Donald”. Siapa sangka, kerajinan kayu Donald yang sudah lama terkenal di Eropa adalah hasil karya dari tangan-tangan pengrajin yang ada di Desa Jati. Dari desa ini kerajinan kayu Donald mulai dibuat, mulai dari bahan mentahnya yang berupa bonggol bambu, hingga selesai diukir dan dihaluskan.

Dipilihnya bonggol bambu sebagai bahan dasar dari pembuatan kerajinan ini bukan tanpa alasan. Serat yang terdapat pada bonggol bambu membuat hasil dari kerajinan kayu ini nampak lebih natural, sehingga tidak memerlukan banyak proses pengecatan. Hal tersebut selain dapat menekan biaya produksi, juga membuat tampilan Donald lebih sederhana namun tetap terlihat elegan.

Usaha yang sudah dirintis sejak 2004 ini terus mengalami peningkatan, terutama dari segi jumlah. Tercatat hingga saat ini, jumlah produksi Donald bisa mencapai ke angka 1.500-2.000 buah per minggu, dengan menyerap tenaga kerja sampai 40 orang. Sebuah pencapaian fantastis untuk usaha perorangan di tingkat desa.

Namun belum adanya perhatian pemerintah menjadi satu permasalahan klasik yang sedikit menghambat perkembangan dari usaha ini. Tidak adanya “rangkulan” dari pemerintah membuat pengusaha kerajinan ini hanya menyalurkan produknya ke satu nama. Hal ini tentu berdampak pada harga Donald yang belum sebanding dengan proses dan usaha pembuatannya.


Jika Anda tertarik untuk memiliki kerajinan kayu Donald ini atau hanya ingin sekadar melihat-lihat proses pembuatannya, bisa berkunjung langsung ke Desa Jati.


PETA :  Desa Jati, Kecamatan Cipunagara
PETA :  Desa Jati, Kecamatan Cipunagara



Desa Di Kecamatan Cipunagara  (Kodepos : 41257)
- Desa Wanasari, Kecamatan Cipunagara



Data dari  Desa Jati, Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang, mungkin bisa sobat tambahkan pada kolom komentar atau bagi warga Desa Jati, Kecamatan Cipunagara, boleh mengirimkan data atau kegiatan dari desa tersebut ke  email  : blogmangyono@gmail.com. Atau bagi sobat yang tinggal di Desa lain ( masih di wilayah Kabupaten Subang ) bisa mengirimkan poto asli jepretan sobat dan data Desa sobat untuk dipublikasikan di Blog Mang Yono ( BIAR MAKIN KEREN DESANYA dan DIKENAL DUNIA ).      
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments